Daftar Program dan Unit Kompetensi pada Kejuruan TIK Terbaru Tahun 2020
Daftar Program dan Unit Kompetensi pada Kejuruan TIK Terbaru Tahun 2020. indonesiakompeten.com. Bapak ibu guru pengajar yang terhormat, tahun 2020 ini terdapat banyak perubahan pada skema pelatihan baik di LPKS maupun di Balai Latihan Kerja. Untuk gambaran bapak ibu berikut ini kami sampaikan beberapa Daftar Program dan Unit Kompetensi pada Kejuruan TIK Terbaru Tahun 2020
Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Multimedia SKKNI NO. 118 tahun 2014
J.591200.002.01 | Menerapkan keamanan data (master shot dan master edit) |
J.591200.003.01 | Menerapkan mutu produk |
J.591200.005.01 | Menjalin kerjasama dengan pihak luar / client |
J.591200.006.01 | Melakukan instalasi peralatan (video player, komputer dan pendukungnya). |
J.591200.007.01 | Mempersiapkan materi sesuai format yang diinginkan. |
J.591200.008.01 | Menyunting audio dan atau video sesuai tuntutan naskah |
J.591200.009.01 | Melakukan penambahan elemen penunjang gambar dan suara dari sumber lain yang diperlukan (titling, voice over dan lain-lain) |
J.591200.010.01 | Melakukan export hasil editing menjadi file video dengan format yang diperlukan (Export to Media) |
2. IT Software Solution for Business
J.620100.001.01 | Menganalisis Tools |
J.620100.004.02 | Menggunakan Struktur Data |
J.620100.005.02 | Mengimplementasikan User Interface |
J.620100.007.01 | Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan antar Entitas |
J.620100.009.01 | Menggunakan Spesifikasi Program |
J.620100.016.01 | Menulis Kode dengan Prinsip Sesuai Guidelines dan Best Practices |
J.620100.017.02 | Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur |
J.620100.018.02 | Mengimplementasikan Pemrograman Berorientasi Objek |
J.620100.019.02 | Menggunakan library atau komponen pre-existing |
J.620100.020.02 | Menggunakan SQL |
J.620100.021.02 | Menerapkan Akses Basis Data |
J.620100.022.02 | Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman |
J.620100.023.02 | Membuat Dokumen Kode Program |
J.620100.025.02 | Melakukan debugging |
3. Mobile Programming
J.612000.001.01 | Menunjukkan Platform Operating System dan Bahasa Pemrograman di dalam Perangkat Lunak |
J.612000.003.01 | Merancang Database dan Data Persistence pada Mobile Data |
J.612000.006.01 | Menyusun Mobile Location Based Service, GPS dan Mobile Navigation |
J.612000.007.01 | Merancang Mobile Interface |
J.612000.008.01 | Menjelaskan Dasar-Dasar Mobile Communication Security |
J.612000.022.01 | Menjelaskan Mobile Sensor dan Spesifikasi Teknisnya untuk Mobile Computing |
J.612000.025.01 | Menentukan Mobile Cellular Network |
4. Motion Graphic Artist
J.591120.004.01 | Membuat gerak digital non character |
J.591120.008.01 | Membuat model digital hardsurface 3 dimensi |
J.591120.012.01 | Membuat pencitraan gambar digital (rendering) |
J.591120.019.01 | Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing) |
J.591120.020.01 | Membuat pencitraan cahaya digital |
J.591120.021.01 | Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) |
J.591120.031.01 | Membuat sudut pandang kamera digital |
J.591120.022.01 | Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing) |
J.591120.026.01 | Melakukan penyutingan gambar akhir (online editing) |
J.591120.040.01 | Membuat gambar sketsa karakter |
5. Computer Operator Asistant SKKNI No.56 Tahun 2018
J.630PR00.001.2 | Menggunakan Perangkat Komputer |
J.630PR00.002.2 | Menggunakan Sistem Operasi |
J.630PR00.003.2 | Menggunakan Peralatan Peripheral |
J.630PR00.004.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar |
J.630PR00.005.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Spreadsheet) Tingkat Dasar |
J.630PR00.008.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Pengakses Surat Elektronik (E-mail Client) |
J.630PR00.009.2 | Menggunakan Aplikasi Berbasis Internet |
6. Pemasangan Jaringan Komputer
J.611000.001.01 | Mengumpulkan Kebutuhan Teknis Pengguna yang Menggunakan Jaringan |
J.611000.002.01 | Mengumpulkan Data Peralatan Jaringan dengan Teknologi yang Sesuai |
J.611000.003.01 | Merancang Topologi Jaringan |
J.611000.004.01 | Merancang Pengalamatan Jaringan |
J.611000.005.02 | Menentukan Spesifikasi Perangkat Jaringan |
J.611000.007.01 | Merancang Pemulihan Jaringan |
J.611000.008.02 | Menyiapkan Kabel Jaringan |
J.611000.009.02 | Memasang Kabel Jaringan |
J.611000.010.02 | Memasang Jaringan Nirkabel |
J.611000.011.02 | Memasang Perangkat Jaringan ke dalam Sistem Jaringan |
J.611000.012.02 | Mengkonfigurasi Switch pada Jaringan |
J.611000.013.02 | Mengkonfigurasi Routing pada Perangkat Jaringan dalam Satu Autonomous System |
J.611000.014.02 | Mengkonfigurasi Routing ada Perangkat Jaringan Antar Autonomous System |
J.611000.017.01 | Mengidentifikasi Sumber Kerusakan |
J.611000.018.01 | Memperbaiki Kerusakan Konfigurasi Jaringan |
J.611000.019.01 | Mengganti Perangkat Jaringan yang Rusak |
J.611000.022.01 | Melakukan Backup dan Restore Konfigurasi Jaringan |
J.611000.023.01 | Mengganti Perangkat Jaringan Sesuai dengan Kebutuhan Baru |
7. Pengadministrasi Cloud Computing
J.631120.001.01 | Mendefinisikan terminologi dan konsep Cloud Computing |
J.631120.002.01 | Mengidentifikasi teknologi Cloud Computing |
J.631120.003.01 | Mengidentifikasi berbagai jenis perangkat keras yang dibutuhkan |
J.631120.013.01 | Menjalankan aktivitas rutin pada IaaS, PaaS, dan SaaS |
J.631120.014.01 | Memantau sarana dan prasarana agar bisa digunakan oleh pengguna sesuai dengan SLA yang disepakati |
J.631120.015.01 | Memberikan dukungan lapis pertama atas masalah pengguna dan report next layer |
J.631120.016.01 | Melakukan antisipasi gangguan dan ancaman terhadap sistem Cloud |
J.631120.017.01 | Mengelola insiden pada sistem Cloud yang disebabkan oleh keadaan kahar |
8. Pemrograman Web
J.620100.004.02 | Menggunakan struktur data |
J.620100.005.02 | Mengimplementasikan User Interface |
J.620100.007.02 | Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas |
J.620100.009.01 | Menggunakan Spesifikasi Program |
J.620100.010.01 | Menerapkan Perintah Eksekusi Bahasa Pemrograman Berbasis Teks, Grafik, dan Multimedia |
J.620100.011.01 | Melakukan instalasi software tools pemrograman |
J.620100.012.01 | Melakukan pengaturan software tools pemrograman |
J.620100.016.01 | Menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices |
J.620100.017.02 | Mengimplementasikan pemrograman ter-struktur |
J.620100.018.02 | Mengimplementasikan Pemrograman Berorientasi Objek |
J.620100.019.02 | Menggunakan library atau komponen pre- existing |
J.620100.020.02 | Menggunakan SQL |
J.620100.022.01 | Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman |
J.620100.023.02 | Membuat dokumen kode program |
J.620100.025.02 | Melakukan debugging |
9. Perakitan Komputer SKKNI No. 285 Tahun 2016
J.620900.001.02 | Mengidentikasi Perangkat Penyusun Komputer |
J.620900.002.02 | Mengidentifikasi Spesifikasi Perangkat Komputer |
J.620900.004.02 | Merancang Spesifikasi Sesuai dengan Fungsi dan Kebutuhan Pengguna |
J.620900.006.01 | Melakukan Inventarisasi Hardware |
J.620900.007.02 | Melakukan Inventarisasi Software |
J.620900.008.02 | Memasang Interface Card |
J.620900.009.02 | Memasang Hard Disk |
J.620900.010.02 | Memasang Motherboard |
J.620900.011.02 | Memasang Memory |
J.620900.012.02 | Memasang Prosesor |
J.620900.013.02 | Memasang Optical Drive |
J.620900.014.02 | Merawat CPU |
J.620900.015.02 | Merawat Hard Disk |
J.620900.016.02 | Merawat Peripheral |
J.620900.024.02 | Melakukan Setting BIOS |
J.620900.025.02 | Melakukan Instalasi Sistem Operasi |
J.620900.026.02 | Melakukan Instalasi Software Aplikasi |
10. Desain Grafis Madya
M.74100.001.02 | Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain |
M.74100.002.02 | Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi |
M.74100.005.02 | Menerapkan Design Brief |
M.74100.007.01 | Menetapkan strategi desain |
M.74100.008.02 | Menetapkan konsep desain |
M.74100.009.02 | Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain |
M.74100.010.01 | Menciptakan Karya Desain |
M.74100.012.02 | Mempersentasikan karya desain |
11. Operator Basic Office KEPMENAKER Nomor 056 Tahun 2018 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Informasi dan Komunikasi Golongan Pokok Aktivitas Jasa Informasi Bidang Pengoperasian Komputer
J.63OPR00.001.2 | Menggunakan Perangkat Komputer |
J.63OPR00.002.2 | Menggunakan sistem operasi |
J.63OPR00.003.2 | Menggunakan Peralatan Peripheral |
J.63OPR00.004.2 | Menggunakan PerangkatLunak |
J.63OPR00.005.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Spreadsheet)Tingkat Dasar |
J.63OPR00.006.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi Tingkat Dasar |
J.63OPR00.007.2 | Menggunakan Penelusur Situs Web |
12. Practical Office Advance
J.63OPR00.004.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar |
J.63OPR00.005.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar(Spreadsheet) Tingkat Dasar |
J.63OPR00.011.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Lanjut |
J.63OPR00.012.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar(Spreadsheet) Tingkat Lanjut |
J.63OPR00.013.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Tingkat Lanjut |
13. Practical Office/Professional Office
J.63OPR00.002.2 | Menggunakan Sistem Operasi |
J.63OPR00.003.2 | Menggunakan Peralatan Peripheral |
J.63OPR00.004.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar |
J.63OPR00.005.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Spreadsheet)Tingkat Dasar |
J.63OPR00.006.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi Tingkat Dasar |
J.63OPR00.008.2 | Menggunakan PerangkatLunak Pengakses Surat Elektronik (e_mail Client) |
14. Pembuatan Aset Animasi 3D
J.591120.008.01 | Membuat model digital hardsurface 3 dimensi |
J.591120.009.01 | Membuat model digital organik 3 dimensi |
J.591120.011.01 | Membuat pencitraan UV mesh |
J.591120.013.01 | Membuat pencitraan tekstur permukaan |
J.591120.021.01 | Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) |
15. Pembuatan Gerak Animasi 3D
J.591120.004.01 | Membuat gerak digital non character |
J.591120.017.01 | Membuat gerak digital character |
16. IoT Developer
J.61IOT01.001.01 | Menguji Coba Desain Konektivitas IoT |
J.61IOT01.001.02 | Menguji Coba Desain Platform IoT |
J.61IOT01.001.03 | Mendesain Perangkat Lunak (Firmware) Untuk Devices IoT |
J.61IOT01.001.04 | Mengintegrasikan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak (Firmware) Untuk Devices IoT |
J.61IOT01.001.05 | Menguji Coba Devices IoT |
J.61IOT01.001.06 | Membuat Analisis Sistem Dan Flow Aplikasi IoT |
J.61IOT01.001.07 | Menggunakan Protokol Komunikasi IoT pada Aplikasi Berbasis Mobile |
J.61IOT01.001.08 | Membuat Program Visual Antarmuka Pada Perangkat Berbasis Web Yang Terintegrasi dengan Mikrokontroler |
J.61IOT01.001.09 | Menggunakan Protokol Komunikasi IoT Pada Aplikasi Berbasis Web |
J.61IOT01.001.10 | Menguji Coba Aplikasi IoT |
J.61IOT01.001.12 | Mendeteksi Potensi Terjadinya Gangguan Saat Implementasi Konektivitas IoT |
J.61IOT01.001.13 | Mengatasi Terjadinya Gangguan Saat Implementasi Konektivitas IoT |
J.61IOT01.001.14 | Merancang dan Membuat Platform IoT pada Cloud |
17. Internet Of Things (Kontrol Sensor Menggunakan Device IoT)
J.61IOT01.001.03 | Mendesain Perangkat Lunak (Firmware) Untuk Devices IoT |
J.61IOT01.001.04 | Mengintegrasikan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak (Firmware) Untuk Devices IoT |
J.61IOT01.001.05 | Menguji Coba Devices IoT |
J.61IOT01.001.10 | Menguji Coba Aplikasi IoT |
18. Digital Marketing
J.63OPR00.001.02 | Menggunakan Perangkat Komputer |
G.46RIT00.073.01 | Menentukan Model Bisnis Daring (e-business) |
G.46RIT00.055.01 | Melakukan Aktivitas Pemasaran Digital Untuk Bisnis Ritel |
G.46RIT00.053.01 | Memberdayakan Media Sosial Untuk Menarik Pelanggan |
G.46RIT00.025.01 | Melakukan Aktivitas Pemasaran Digital Bisnis Ritel |
G.46RIT00.064.01 | Menentukan Aplikasi Perdagangan Daring (E-commerce) untuk meningkatkan Penjualan dan Pelayanan Ritel |
M.702090.001.01 | Mengidentifikasi Elemen Perusahaan |
19. Internet Marketing
G.46RIT00.055.01 | Melakukan Aktivitas Pemasaran Digital Untuk Bisnis Ritel |
G.46RIT00.053.01 | Memberdayakan Media Sosial Untuk Menarik Pelanggan |
G.46RIT00.025.01 | Melakukan Aktivitas Pemasaran Digital Bisnis Ritel |
20. Pemrograman Berbasis Data
J.620100.004.02 | Menggunakan struktur data |
J.620100.005.02 | Mengimplementasikan User Interface |
J.620100.007.02 | Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas |
J.620100.009.01 | Menggunakan Spesifikasi Program |
J.620100.011.01 | Melakukan instalasi software tools pemrograman |
J.620100.012.01 | Melakukan pengaturan software tools pemrograman |
J.620100.016.01 | Menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices |
J.620100.017.02 | Mengimplementasikan pemrogram anter-struktur |
J.620100.018.02 | Mengimplementasikan pemrograman berorientasi objek |
J.620100.019.02 | Menggunakan library atau komponen pre- existing |
J.620100.020.02 | Menggunakan SQL |
J.620100.021.02 | Menerapkan akses basis data |
J.620100.022.02 | Mengimplementasikan algoritma pemrograman |
J.620100.023.02 | Membuat Dokumen Kode Program |
J.620100.025.02 | Melakukan debugging |
21. Client Service Programming
J.620100.003.01 | Melakukan Identifikasi Library, Komponen atau Framework yang Diperlukan |
J.620100.004.02 | Menggunakan struktur data |
J.620100.007.02 | Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas |
J.620100.008.01 | Merancang Arsitektur Aplikasi |
J.620100.009.02 | Menggunakan Spesifikasi Program |
J.620100.011.01 | Melakukan instalasi software tools pemrograman |
J.620100.012.01 | Melakukan Pengaturan Software Tools Pemrograman |
J.620100.017.02 | Mengimplementasikan pemrograman ter-struktur |
J.620100.018.02 | Mengimplementasikan pemrograman berorientasi objek |
J.620100.019.02 | Menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing |
J.620100.020.02 | Menggunakan SQL |
J.620100.021.02 | Menerapkan akses basis data |
J.620100.022.02 | Mengimplementasikan algoritma pemrograman |
J.620100.023.02 | Membuat Dokumen Kode Program |
J.620100.025.02 | Melakukan Debugging |
J.620100.027.01 | Mengimplementasikan Network Programming |
J.620100.033.02 | Melaksanakan Pengujian Unit Program |
J.620100.040.01 | Membuat Paket Instalasi Perangkat Lunak |
22. Desainer Grafis Muda
M.74100.001.02 | Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain |
M.74100.002.02 | Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi |
M.74100.005.02 | Menerapkan Design Brief |
M.74100.007.01 | Menetapkan strategi desain |
M.74100.008.02 | Menetapkan konsep desain |
23. Operator Komputer Muda
J.63OPR00.002.2 | Menggunakan Sistem Operasi |
J.63OPR00.003.2 | Menggunakan Peralatan Peripheral |
J.63OPR00.004.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar |
J.63OPR00.005.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Spreadsheet) Tingkat Dasar |
J.63OPR00.006.2 | Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi Tingkat Dasar |
J.63OPR00.016.1 | Mengidentifikasi Aspek Keamanan Informasi Pengguna |
24. Pembuatan Desain Grafis
M.74100.001.02 | Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain |
M.74100.003.02 | Menerapkan Pengetahuan Produksi Desain |
M.74100.005.02 | Menerapkan Desain Brief |
M.74100.008.02 | Menetapkan Konsep Desain |
M.74100.009.02 | Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain |
M.74100.010.02 | Menciptakan Karya Desain |
M.74100.012.02 | Mempresentasikan Karya Desain |
M.74100.013.02 | Membuat Materi Siap Produksi |
Punya modul POA yang kodenya J pak lik?
BalasHapusnanti saya share kak
Hapussaya juga minta modulnya bisa??
Hapus