Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan M.741000.026.01

Modul Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan M.741000.026.01. indonesiakompeten.id. Sebelumnya telah admin berikan modul pelatihan kewirausahaan dengan judul Melakukan Pembukuan Keuangan Untuk Setiap Transaksi. Kali ini akan admin bagikan modul selanjutnya dengan judul unit kompetensi menjalin hubungan dengan pelanggan kode M.741000.026.01

Elemen Kompetensi dan KUK

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

1. Menyiapkan jalinan
hubungan dengan
pelanggan

1.1 Pengetahuan tentang komunikasi
dijelaskan.
1.2 Spesifikasi dan manfaat produk dijelaskan.
1.3 Kebiasaan dan minat setiap kelompok
pelanggan diidentifikasi.
1.4 Layanan informasi dan aduan pelanggan
disediakan.
1.5 Acara-acara untuk setiap kelompok atau
beberapa kelompok pelanggan disiapkan.
1.6 Biaya penyelenggaraan acara dihitung.

2. Menjalin hubungan
dengan pelanggan

2.1 Informasi yang jelas diberikan kepada
pelanggan.
2.2 Komunikasi langsung dengan pelanggan
dilakukan sesuai prosedur.
2.3 Acara-acara untuk setiap kelompok atau
beberapa kelompok pelanggan diadakan
sesuai rencana.

3. Menjaga hubungan
dengan pelanggan

3.1 Aduan dan saran pelanggan diproses sesuai
prosedur.
3.2 Pelanggan yang potensial dihubungi sesuai
prosedur.



 Ringkasan Materi Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan M.741000.026.01

Dalam menyiapkan jalinan hubungan pelanggan, ada beberapa hal yang perlu di ketahui yaitu:

1. Pengetahuan tentang dasa-dasar komunikasi dalam menyiapkan jalinan hubungan dengan pelanggan.

a. Definisi Komunikasi

Komunikasi menurut Roger & D.Lawrence (1981) adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk dan melakukan pertukaran informasi antara satu dengan lainnya, yang pada akhirnya akan terdapat adanya saling pengertian yang mendalam (Cangara, 2016)

b. Manfaat Komunikasi

Adapun manfaat dari komunikasi secara teoritis menurut A.W. Widjaja (2000) sebagai berikut:

1) Dapat memberikan informasi

2) Dapat mempengaruhi orang lain

3) Dapat mengenal diri sendiri dan orang lain

4) Dapat menciptakan dan memelihara hubungan menjadi lebih bermakna

5) Dapat mengemukakan kebutuhan dan kepentingan

6) Mengubah sikap dan perilaku

7) Dapat menyalurkan ekspresi

8) Dapat memperlancar hubungan dengan sesama

c. Proses Komunikasi

Proses komunikasi yaitu bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi bertujuan untuk dapat menciptakan komunikasi yang lebih efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya).

Modul Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan M.741000.026.01


Keterangan Gambar:

Komunikator/pengirim pesan
Komunikator/pengirim pesan merupakan pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi.

Pesan
Pesan mempunyai makna yaitu setiap pemberitahuan yang berisikan, kata maupun komunikasi secara lisan maupun tertulis, yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain.

Gangguan/Hambata
Dalam setiap proses komunikasi, terdapat hambatan-hambatan atau gangguan yang berpotensi mengganggu proses penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan.

Komunikan/Penerima
Pesan Komunikan /penerima pesan merupakan pihak yang memperoleh pesan atau stimulus yang dikirimkan oleh sumber.

Umpan balik/Feedback
Umpan balik/ feedback merupan isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal.

d. Media Komunikasi

Media komunikasi dapat dilihat dari sudut media tradisional dan modern yang dewasa ini banyak dipergunakan (Effendy:2003). Tradisonal misalnya kentongan, bedug, pagelaran seni dan lain-lain, sedangkan yang lebih modern adalah surat, papan pengumuman, telepon, telegram, pamplet, poster, spanduk, surat kabar, majalah, film, televisi, internet yang pada umumnya diklasifikasikan sebagai media tulisan atau cetak, visual, audio dan audio visual.

Modul Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan M.741000.026.01


Posting Komentar untuk "Modul Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan M.741000.026.01"