Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Melakukan Pembukuan Keuangan Untuk Setiap Transaksi M.741000.027.01

Modul Melakukan Pembukuan Keuangan Untuk Setiap Transaksi M.741000.027.01. indonesiakompeten.id. Kali ini admin akan membagikan modul kewirausahaan dengan kode unit kompetensi M.741000.027.01 dengan judul Modul Melakukan Pembukuan Keuangan Untuk Setiap Transaksi

Modul Melakukan Pembukuan Keuangan Untuk Setiap Transaksi M.741000.027.01



Adapun elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja pada unit ini adalah:

1. Menyiapkan pembukuan keuangan 

1.1 Pengetahuan dasar tentang pengelolaan pembukuan (administrasi keuangan) dijelaskan. 
1.2 Jenis-jenis pengeluaran dan pemasukan uang diidentifikasi sesuai prosedur. 
1.3 Buku kas disediakan sesuai tujuan 

2. Melakukan pembukuan keuangan untuk setiap transaksi 

2.1 Setiap transaksi pengeluaran dan pemasukan uang dibukukan sesuai prosedur. 
2.2 Evaluasi buku kas setiap periode (bulanan atau triwulan) dilakukan sesuai rencana. 
2.3 Penutupan buku kas dilakukan di akhir periode sesuai prosedur.

A. Tujuan Umum 

Setelah mempelajari modul ini peserta latih diharapkan mampu menyiapkan pembukuan keuangan suatu perusahaan. 

B. Tujuan Khusus 

Adapun tujuan mempelajari unit kompetensi melalui buku informasi Menyiapkan Informasi dan Laporan Pelatihan ini guna memfasilitasi peserta latih sehingga pada akhir pelatihan diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut: 

1. Menyiapkan Pembukuan Keuangan meliputi Pengetahuan yang Diperlukan dalam Pengetahuan yang diperlukan dalam menyiapkan pembukuan keuangan, dan , Keterampilan yang diperlukan dalam menyiapkan pembukuan keuangan, serta Sikap kerja yang diperlukan dalam menyiapkan pembukuan keuangan; 

2. Melakukan Pembukuan Keuangan Untuk Setiap Transaksi meliputi Pengetahuan yang diperlukan dalam melakukan pembukuan keuangan untuk setiap transaksi, dan keterampilan yang ditentukan dalam melakukan pembukuan keuangan untuk setiap transaksi, serta sikap kerja yang diperlukan dalam melakukan pembukuan keuangan untuk setiap transaksi.

Ringkasan Modul

Pengertian Pembukuan 

Pembukuan adalah pencatatan transaksi keuangan. Transaksi meliputi penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran oleh perseorangan maupun organisasi. Pembukuan biasanya dilakukan oleh seorang ahli pembukuan.
Tujuan pembukuan adalah untuk mengungkapkan gambaran yang benar mengenai pendapatan dan pengeluaran pada akhir periode akuntansi. Tugas pembukuan dilakukan oleh pemegang buku (bookkeeper) yang bertanggung jawab untuk mencatat transaksi bisnis sehari-hari seperti keluar masuknya kas, barang yang dibeli dan dijual secara kredit, biaya yang timbul dan sebagainya secara teratur, kemudian mempostingnya ke dalam buku besar yang bersangkutan, dan setelah itu menyiapkan neraca saldo (trial balance).

Contoh kegiatan pembukuan antara lain:

1) Menerbitkan faktur kepada pelanggan
2) Mencatat faktur supplier
3) Mencatat perubahan dalam persediaan
4) Mencatat penerimaan kas dari pelanggan
5) Membayar supplier
6) Memproses transaksi kas kecil (petty cash)
7) Memproses gaji/payroll

Banyak sekali orang awam yang menyandingkan akuntansi dengan pembukuan, mereka berfikir akuntansi sama dengan pembukuan, padahal sebenarnya berbeda. Walaupun berbeda namun ada hubungan antara akuntansi dan pembukuan dimana langkah awal dalam memulai kegiatan akuntansi adalah kegiatan pembukuan. Selain itu, akuntansi dan pembukuan sama-sama bersumber pada data informasi keuangan suatu perusahaan. Pembukuan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari akuntansi. Pembukuan bertindak sebagai landasan dasar proses akuntansi dan jika pembukuan dilakukan dengan benar, maka seharusnya akuntansi itu akan menjadi sempurna dan sebaliknya.

Laporan arus kas merupakan laporan yang mencerminkan penerimaan dan pengeluaran kas selama periode tertentu. Arus kas meliputi kas tunai, tabungan, giro dan deposito. 
Arus kas tidak diklasifikasi menjadi arus kas operasi, investasi, dan pendanaan (unclassified cash flow statement). 
Laporan Kinerja Keuangan Kinerja keuangan adalah gambaran kondisi keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu baik menyangkut aspek penghimpunan dana maupun penyaluran dana, yang biasanya diukur dengan indikator kecukupan modal, likuiditas, dan profitabilitas (Jumingan, 2006:239). Kinerja keuangan perusahaan merupakan prestasi yang dicapai perusahaan dalam suatu periode tertentu yang mencerminkan tingkat kesehatan perusahaan tersebut (Sutrisno, 2009:53). Kinerja keuangan adalah suatu analisis yang dilakukan untuk melihat sejauh mana suatu perusahaan telah melaksanakan dengan menggunakan aturan-aturan pelaksanaan keuangan secara baik dan benar. 
Kinerja perusahaan merupakan suatu gambaran tentang kondisi keuangan suatu perusahaan yang dianalisis dengan alat-alat analisis keuangan, sehingga dapat diketahui mengenai baik buruknya keadaan keuangan suatu perusahaan yang mencerminkan prestasi kerja dalam periode tertentu. Hal ini sangat penting agar sumber daya digunakan secara optimal dalam menghadapi perubahan lingkungan (Fahmi, 2011:2).


Download Modul Melakukan Pembukuan Keuangan Untuk Setiap Transaksi 

Posting Komentar untuk "Modul Melakukan Pembukuan Keuangan Untuk Setiap Transaksi M.741000.027.01"

Berlangganan via Email