Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI MENERAPKAN UNSUR DAN PRINSIP DESAIN DALAM RANCANGAN RAGAM HIAS BORDIR C.139120.016.01

MATERI MENERAPKAN UNSUR DAN PRINSIP DESAIN DALAM RANCANGAN RAGAM HIAS BORDIR C.139120.016.01. Indonesiakompeten.id.

MATERI MENERAPKAN UNSUR DAN PRINSIP DESAIN DALAM RANCANGAN RAGAM HIAS BORDIR C.139120.016.01


Adapun tujuan mempelajari unit kompetensi melalui buku informasi Menerapkan Unsur dan Prinsip Desain dalam Rancangan Ragam Hias Bordir ini guna memfasilitasi peserta latih sehingga pada akhir pelatihan diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut: (diambil dari elemen dan KUK)

 1. Menyiapkan penerapan unsur dan prinsip desain dalam rancangan ragam hias bordir, termasuk Mengidentifikasi unsur-unsur desai pada rancangan ragam hias, Mengidentifikasi prinsip-prinsip desain pada rancangan ragam hias bordir, Menerapkan rancangan prinsip-prinsip desain dalam rancangan ragam hias bordir, Memilih peralatan dan perlengkapaan sesuai metode merancang ragam hias bordir.

2. Merancang ragam hias bordir dengan penerapan unsur-unsur desain, termasuk Membut rancangan ragam hias dengan berbagai macam pola hias sesuai prosedur, Membuat rancangan ragam hias dengan penerapan unsur garis dan unsur bentuk, warna, serta teknik hiasnya.

3. Merancang bordir produk busana dengan penerapan prinsip-prinsip desain, termasuk Mengidentifikasi rancangan bordir produk busana dengan penerapan prinsip desain, Membuat rancangan ragam hias bordir dengan penerapan prinsip harmoni, proporsi, keseimbangan, pusat perhatian dan irama.

Tahapan dalam merancang bordir pada produk busana: 

a) Menyiapkan alat dan bahan dalam pembuatan bordir antara lain: Menyiapkan alat menggambar dan mewarnai untuk mebuat desain bordir seperti pena,pensil, pensil warna, kertas karbon untuk menciplak motif, kertas hvs, kertas roti dan kertas manila sebagai media menciplak motif ke kain.
b) Menyiapkan desain motif yang akan diaplikasikan untuk bordir, desain motif seperti pada gambar desain blus adalah prinsip keseimbangan simetris (motif kanan dan kiri sama), hanya dibuat satu kali rancangan saja untuk dua kali penggunaan. Motif yang disiapkan bisa berupa motif flora, fauna, maupun geometris.
c) Memberi warna motif pada desain ragam hias sesuai penerapan prinsip desain.
d) Memindahkan atau mengutip motif bordir pada kain yang hendak dibordir atau bagian
e) busana. Kain yang digunakan untuk membordir sebaiknya bahan dengan tenunan rapat sehingga tidak rusak ketika dibordir.
f) Membordir sesuai motif dan warna yang sudah ditentukan.

MENERAPKAN UNSUR DAN PRINSIP DESAIN DALAM RANCANGAN RAGAM HIAS BORDIR materi silahkan dapatkan dibawah ini
1.Buku Modul Menerapkan Unsur dan Prinsip Desain pada Rancangan Ragam Hias Bordir.pdf
2.Buku Informasi Menerapkan Unsur dan Prinsip Desain pada Rancangan Ragam Hias Bordir.pdf
3.Buku Kerja Menerapka Unsur dan Prinsip Desain pada Rancangan Ragam Hias Bordir.pdf
4.Buku Penilaian Menerapkan Unsur dan Prinsip Desain pada Rancangan Ragam Hias Bordir.pdf

Posting Komentar untuk "MATERI MENERAPKAN UNSUR DAN PRINSIP DESAIN DALAM RANCANGAN RAGAM HIAS BORDIR C.139120.016.01"