Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP
Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP. indonesiakompeten.id. Bagi yang membutuhkan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP dapat diunduh melalui link di bagian akhir posting ini
Baca lainnya:
1. Program Pelatihan Administrasi Perkantoran
2. Program Pelatihan Bahasa Jepang
Preview Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP sebagai berikut
PROGRAM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
1. Nama Pelatihan : Customer Service
2. Kode Program Pelatihan : N.82.11000.01.15
3. Kualifikasi/Jenjang Pelatihan : Non-jenjang
 
5. Unit Kompetensi yang ditempuh:
 
6. Perkiraan Waktu Pelatihan: 280 Jam Pelatihan (@45 menit)
7. Persyaratan Peserta Pelatihan:
7.1 Pendidikan : Minimal SLTA/ Sederajat
7.2 Pelatihan : -
7.3 Pengalaman Kerja : -
7.4 Jenis Kelamin : Laki – laki/ Perempuan
7.5 Umur : 17 s/d 30 Tahun
7.6 Kesehatan : Sehat jasmani dan rohani
7.7 Persyaratan Khusus : Berpenampilan menarik
8. Persyaratan Instruktur
8.1 Pendidikan Formal : Minimal Diploma III
8.2 Persyaratan Kompetensi :
1) Metodologi : Sertifikat UJK Metodologi
2) Teknis : Sertifikat Diklat Dasar Bisnis dan Manajemen
8.3 Pengalaman Kerja : Pernah bekerja di industri atau mengikuti On
The Job Training (OJT) di Industri
8.4 Kesehatan : Sehat jasmani dan rohani
8.5 Persyaratan khusus : -
KURIKULUM PELATIHAN BERBASISI KOMPETENSI
 
SILABUS PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
1. KELOMPOK UNIT KOMPETENSI
1.1 JUDUL UNIT KOMPETENSI : MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI
KODE UNIT KOMPETENSI : ADM.PK01.001.01
PERKIRAAN WAKTU PELATIHAN : 28 Jampel @ 45 menit
 
1.2 JUDUL UNIT KOMPETENSI : BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
KODE UNIT KOMPETENSI : ADM.PK01.002.01
PERKIRAAN WAKTU PELATIHAN : 24 Jampel @ 45 menit
 
Selengkapnya Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP [Unduh]
Demikian informasi mengenai Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP semoga bermanfaat.
Baca lainnya:
1. Program Pelatihan Administrasi Perkantoran
2. Program Pelatihan Bahasa Jepang
Preview Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP sebagai berikut
PROGRAM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
1. Nama Pelatihan : Customer Service
2. Kode Program Pelatihan : N.82.11000.01.15
3. Kualifikasi/Jenjang Pelatihan : Non-jenjang
| 4. | Tujuan Pelatihan | : | Setelah mengikuti pelatihan ini peserta kompeten melakukan komunikasi di tempat kerja, melakukan prosedur administrasi, menggunakan peralatan kantor, berkomunikasi dan membaca bahasa inggris pada tingkat operasional dasar, bekerjasama dengan kolega dan pelanggan, menerapkan prosedur K3 perkantoran, mengimplementasikan pelayanan prima, serta mengelola stress dalam melayani pelanggan di bidang administrasi perkantoran sesuai dengan prosedur kerja yang telah ditetapkan. | 
| 5.1 | ADM.PK01.001.01 | Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi | 
| 5.2 | ADM.PK01.002.01 | Berkomunikasi Melalui Telepon | 
| 5.3 | ADM.PK02.007.01 | Melakukan Prosedur Administrasi | 
| 5.4 | ADM.PK01.006.01 | Menggunakan Peralatan Kantor | 
| 5.5 5.6 | ADM.PK02.019.01 ADM.PK02.020.01 | Berkomunikasi Lisan dalam Bahasa Inggris Tingkat Operasional Dasar Membaca dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar | 
| 5.7 | ADM.PK01.003.01 | Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan | 
| 5.8 | ADM.PK03.002.01 | Mengikuti Prosedur K3 Perkantoran | 
| 5.9 5.10 | ADM.PK02.017.01 ADM.PK02.034.01 | Mengkoordinir Implementasi Pelayanan Prima Mengelola Stress | 
7. Persyaratan Peserta Pelatihan:
7.1 Pendidikan : Minimal SLTA/ Sederajat
7.2 Pelatihan : -
7.3 Pengalaman Kerja : -
7.4 Jenis Kelamin : Laki – laki/ Perempuan
7.5 Umur : 17 s/d 30 Tahun
7.6 Kesehatan : Sehat jasmani dan rohani
7.7 Persyaratan Khusus : Berpenampilan menarik
8. Persyaratan Instruktur
8.1 Pendidikan Formal : Minimal Diploma III
8.2 Persyaratan Kompetensi :
1) Metodologi : Sertifikat UJK Metodologi
2) Teknis : Sertifikat Diklat Dasar Bisnis dan Manajemen
8.3 Pengalaman Kerja : Pernah bekerja di industri atau mengikuti On
The Job Training (OJT) di Industri
8.4 Kesehatan : Sehat jasmani dan rohani
8.5 Persyaratan khusus : -
KURIKULUM PELATIHAN BERBASISI KOMPETENSI
| NO. | MATERI PELATIHAN | KODE UNIT | PERKIRAAN WAKTU PELATIHAN (JP) | ||
| PENGE-TAHUAN | KETERAM-PILAN | JUMLAH | |||
| I. | KELOMPOK UNIT KOMPETENSI | ||||
| 1.1 Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi | ADM.PK01.001.01 | 10 | 18 | 28 | |
| 1.2 Berkomunikasi Melalui Telepon | ADM.PK01.002.01 | 8 | 16 | 24 | |
| 1.3 Melakukan Prosedur Administrasi | ADM.PK02.007.01 | 12 | 20 | 32 | |
| 1.4 Menggunakan Peralatan Kantor | ADM.PK01.006.01 | 10 | 18 | 28 | |
| 1.5 Berkomunikasi Lisan dalam Bahasa Inggris Tingkat Operasional Dasar 1.6 Membaca dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar | ADM.PK02.019.01 ADM.PK02.020.01 | 14 8 | 20 16 | 34 24 | |
| 1.7 Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan | ADM.PK01.003.01 | 10 | 18 | 28 | |
| 1.8 Mengikuti Prosedur K3 Perkantoran | ADM.PK03.002.01 | 4 | 4 | 8 | |
| 1.9 Mengkoordinir Implementasi Pelayanan Prima 1.10 Mengelola Stress | ADM.PK02.017.01 ADM.PK02.034.01 | 8 4 | 16 6 | 24 10 | |
| Jumlah I | - | 88 | 152 | 240 | |
| II. | PELATIHAN DI TEMPAT KERJA (OJT) | ||||
| 2.1 Praktek di Perusahaan | - | - | - | 1 Bln | |
| Jumlah II | |||||
| III. | KELOMPOK NON-UNIT KOMPETENSI | ||||
| 1.1 Motivasi kerja 1.2 Sikap Etika 1.3 Tata Graha (5S) 1.4 Wawasan Industri 1.5 Kewirausahaan | 6 4 2 4 6 | 0 0 2 16 0 | 6 4 4 20 6 | ||
| Jumlah III | 22 | 18 | 40 | ||
| Jumlah I s.d. IV | 109 | 171 | 280 | ||
SILABUS PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
1. KELOMPOK UNIT KOMPETENSI
1.1 JUDUL UNIT KOMPETENSI : MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI
KODE UNIT KOMPETENSI : ADM.PK01.001.01
PERKIRAAN WAKTU PELATIHAN : 28 Jampel @ 45 menit
| Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja | Indikator Unjuk Kerja | Materi Pelatihan | Perkiraan Waktu Pelatihan (jampel) | |||
| Pengetahuan | Keterampilan | Sikap | Penge-tahuan | Keteram-pilan | |||
| 1. Mengidentifikasi proses komunikasi di tempat kerja | 1.1 Persyaratan kemampuan minimal berkomunikasi di tempat kerja diidentifikasi |  Dapat menjelaskan syarat kemampuan minimal berkomunikasi di tempat kerja  Dapat menjelaskan langkah mengidentifikasi persyaratan kemampuan minimal berkomunikasi di tempat kerja  Mampu mengidentifikasi persyaratan kemampuan minimal berkomunikasi di tempat kerja  Harus teliti dan taat asas |  Syarat kemampuan minimal berkomunikasi di tempat kerja  Langkah mengidentifikasi syarat kemampuan minimal di tempat kerja |  Mengidentifika-si persyaratan kemampuan minimal berkomunikasi di tempat kerja |  Teliti  Taat asas | 3 | 5 | 
| 1.2 Sarana untuk berkomunikasi dengan penyelia dan rekan sekerja teridentifikasi sesuai standar di tempat kerja |  Dapat menjelaskan macam-macam sarana komunikasi  Dapat menjelaskan standar mengidentifikasi sarana komunikasi dengan penyelia dan rekan sekerja  Mampu mengidentifikasi sarana untuk berkomunikasi dengan penyelia dan rekan sekerja sesuai standar di tempat kerja  Harus teliti dan taat asas |  Macam-macam sarana komunikasi  Standar mengidentifikasi sarna komunikasi dengan penyelia dan rekan sekerja |  Mengidentifikasi sarana untuk berkomunikasi dengan penyelia dan rekan sekerja |  Teliti  Taat asas | |||
| 1.3 Informasi dikumpulkan dan disampaikan secara efektif dan efisien |  Dapat menjelaskan definisi informasi  Dapat menjelaskan sumber-sumber informasi  Dapat menjelaskan teknik mengumpulkan informasi untuk disampaikan  Mampu mengumpulkan informasi untuk disampaikan secara efektif dan efisien  Harus teliti, efektif dan efsien serta taat asas |  Definisi informasi  Sumber informasi  Teknik mengumpulkan informasi |  Mengumpulkan informasi untuk disampaikan |  Teliti  Efektif  Efisien  Taat asas | |||
| Asesmen | |||||||
| 2. Menerima dan menyampaikan informasi | 1.1 Pengamatan efektif dan keterampilan mendengar-kan secara aktif digunakan untuk mendapatkan dan menerjemah-kan info baik verbal maupun non verbal |  Dapat menjelaskan teknik mendengarkan yang efektif  Dapat menjelaskan jenis informasi  Mampu menggunakan pengamatan efektif dan ketrampilan mendengarkan untuk mendapatkan dan menerjemahkan info verbal mupun non verbal  Harus aktif, cermat dan taat asas |  Teknik mendengar yang baik  Jens informasi |  Menggunakan pengamatan efektif dan ketrampilan mendengarkan untuk mendapatkan dan menerjemah-kan info verbal maupun non verbal |  Aktif  Cermat  Taat asas | 3 | 5 | 
| 1.2 Informasi tertulis dan verbal diterima, dipahami dan diketahui |  Dapat menjelaskan teknik membaca yang efektif  Mampu menerima informasi tertulis dan verbal untuk dipahami dan diketahui  Harus cermat, teliti dan taat asas |  Teknik membaca yang efektif |  Menerima informasi tertulis dan verbal untuk dipahami dan diketahui |  Cermat  Teliti  Taat asas | |||
| 1.3 Dokumentasi rutin yang bersifat sederhana ditempat kerja dilengkapi secara akurat dan mudah dibaca |  Dapat menjelaskan pengertian dokumentasi rutin  Dapat menjelaskan langkah melengkapi dokumentasi rutin yang bersifat sederhana ditempat kerja  Mampu melengkapi dokumentasi rutin sederhana ditempat kerja sehingga mudah dibaca  Harus cermat dan teliti |  Pengertian dokumentasi rutin  Langkah melengkapi dokumentasi rutin yang bersifat sederhana ditempat kerja |  Melengkapi dokumentasi rutin sederhana sehingga mudah dibaca |  Cermat  Teliti | |||
| 1.4 Informasi dan ide didiskusikan dengan cara jelas dan santun menggunakan teknik komunikasi yang tepat |  Dapat menjelaskan teknik komunikasi efektif  Dapat menjelaskan teknik diskusi  Mampu menggunakan teknik komunikasi dalam mendiskusikan informasi dan ide  Harus komunikatif, dan santun |  Teknik komunikasi efektif  Teknik diskusi |  Menggunakan teknik komunikasi dalam mendiskusikan informasi dan ide |  Jelas  santun | |||
| Asesmen | |||||||
| 3. Membuat konsep komunikasi tertulis sebagai informasi | 3.1 Prosedur dan format penulisan konsep yang relevan diidentifikasi |  Dapat menjelaskan pengertian konsep tulisan  Dapat menjelaskan prosedur penulisan konsep  Dapat menjelaskan macam-macam penulisan konsep  Dapat menjelaskan langkah mengidentikasi prosedur dan format penulisan konsep  Mampu mengidentifikasi prosedur dan format penulisan konsep  Harus cermat, teliti dan taat asas |  Pengertian konsep tulisan  Proses penulisan konsep  Macam-macam penulisan konsep  Langkah mengidentifikasi prosedur dan format penulisan konsep |  Mengidentifikasi prosedur dan format penulisan konsep yang relevan |  Cermat  Teliti  Taat asas | 3 | 5 | 
| 3.2 Konsep tulisan disampaikan untuk diketahui sesuai dengan batas waktu |  Dapat menjelaskan proses menyampaikan konsep tulisan  Mampu menyampaikan konsep tulisan untuk diketahui  Tepat waktu dalam menyampaikan konsep tulisan |  Proses menyampaikan konsep tulisan |  Menyampaikan konsep tulisan untuk diketahui |  Tepat waktu | |||
| 3.3 Menggunakan bahasa verbal dan non verbal dengan tata bahasa yang baik sesuai kebutuhan di tempat kerja |  Dapat menjelaskan definisi tata bahasa  Dapat menjelaskan jenis bahasa verbal dan non verbal  Dapat menjelaskan cara menggunakan bahasa verbal dan non verbal dengan tata bahasa yang baik  Mampu menggunakan bahasa verbal dan non verbal dengan tata bahasa sesuai kebutuhan ditempat kerja  Harus taat asas |  Definisi tata bahasa  Jenis bahasa verbal dan non verbal  Cara menggunakan bahasa verbal dan non verbal dengan tata bahasa yang baik |  Menggunankan bahasa verbal dan non verbal dengan tata bahasa sesuai kebutuhan ditempat kerja |  Taat asas | |||
| Asesmen | |||||||
| 4. Memilih media komunikasi | 4.1 Prosedur pemilihan media komunikasi dipilih sesuai dengan kebutuhan dan SOP |  Dapat menjelaskan jenis media komunikasi  Dapat menjelaskan prosedur pemilihan media komunikasi  Mampu memilih prosedur pemilihan media komunikasi  Harus sesuai kebutuhan dan SOP dalam memilih prosedur pemilihan media komunikasi |  Media komunikasi  Prosedur pemilihan media komunikasi |  Memilih prosedur pemilihan media komunikasi |  Sesuai kebutu-han  Taat asas | 1 | 3 | 
| 4.2 Seluruh kegiatan unjuk kerja dilakukan sesuai dengan acuan K3 |  Dapat menjelaskan sikap kerja yang digunakan dalam melakukan semua unjuk kerja  Mampu melakukan seluruh kegiatan unjuk kerja sesuai acuan  Harus taat asas dalam melakukan seluruh kegiatan unjuk kerja |  Sikap kerja  K3 |  Melakukan seluruh kegiatan unjuk kerja sesuai acuan |  Taat asas | |||
| Asesmen | |||||||
KODE UNIT KOMPETENSI : ADM.PK01.002.01
PERKIRAAN WAKTU PELATIHAN : 24 Jampel @ 45 menit
| Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja | Indikator Unjuk Kerja | Materi Pelatihan | Perkiraan Waktu Pelatihan (jampel) | |||
| Pengetahuan | Keterampilan | Sikap | Penge-tahuan | Keteram-pilan | |||
| 1. Menerima panggilan telepon | 1.1 Panggilan dijawab secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar perusahaan |  Dapat menjelaskan prosedur menerima telepon  Mampu menjawab panggilan secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar perusahaan  Harus sopan, ramah dan taat asas |  Macam dan kegunaan alat serta media komunikasi  Cara menyiapkan alat dan media komunikasi. |  Menjawab panggilan secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar perusahaan |  Sopan  Ramah  Taat asas | 2 | 4 | 
| 1.2 Permohonan/ permintaan dicatat secara akurat dan disampaikan kepada departemen/ orang yang tepat untuk ditindaklanjuti |  Dapat menjelaskan prosedur pencatatan permohonan / permintaan  Dapat menjelaskan langkah menyampaikan permohonan/permintaan dari penelepon  Mampu mencatat permohonan/permintaan untuk disampaikan kepada departemen/orang yang tepat  Harus cermat, teliti dan taat asas |  Prosedur pencatatan permohonan/perminta-an |  Mencatat permohonan/ permintaan untuk disampaikan kepada departemen/ orang yang tepat |  Cermat  Teliti  Taat asas | |||
| 1.3 Pesan dicatat secara lengkap |  Dapat menjelaskan cara mencatat pesan  Mampu mencatat pesan secara lengkap  Harus teliti dan taat asas |  Cara mencatat pesan |  Mencatat pesan |  Teliti  Taat asas | |||
| 1.4 Uraian penelepon diulang secara rinci untuk memperkuat pengertian |  Dapat menjelaskan cara mengulang uraian penelepon untuk memperkuat pengertian  Mampu mengulang uraian penelepon untuk memperkuat pengertian  Harus rinci, ramah dan sopan |  Cara mengulang uraian penelepon untuk memperkuat pengertian |  Mengulang uraian penelepon untuk memperkuat pengertian |  Rinci  Ramah  sopan | |||
| 1.5 Jika memungkinkan peluang digunakan untuk dapat menjelaskan produk-produk dan pelayanan perusahaan |  Dapat menjelaskan macam-macam teknik pemasaran  Dapat menjelaskan langkah-langkah menggunakan peluang menjelaskan produk dan pelayanan perusahaan  Mampu menggunakan peluang untuk dapat menjelaskan produk dan pelayanan perusahaan  Harus cermat dan taat asas |  Macam-macam teknik pemasaran  Langkah-langkah menggunakan peluang menjelaskan produk dan pelayanan perusahaan |  Menggunakan peluang untuk dapat menjelaskan produk dan pelayanan perusahaan |  Cermat  Taat asas | |||
| 1.6 Panggilan telepon yang mengancam dan mencurigakan dicatat dan ditransfer kepada orang yang berwenang sesuai dengan prosedur perusahaan |  Dapat menjelaskan jenis panggilan telepon  Dapat menjelaskan prosedur menerima telepon mencurigakan  Dapat menjelaskan langkah mentransfer panggilan telepon  Mampu mencatat dan mentransfer panggilan telepon yang mengancam dan mencurigakan kepada bagain yang berwenang  Harus cermat dan taat asas |  Jenis panggilan telepon  Prosedur menerima telepon yang mencurigakan  Langkah mentransfer panggilan telepon |  Mencatat dan mentransfer panggilan telepon yang mengancam dan mencurigakan kepada bagian yang berwenang |  Cermat  Taat asas | |||
| Asesmen | |||||||
| 2. Melakukan panggilan telepon | 2.1 Nomor telepon yang akan dituju diidentifikasi secara benar |  Dapat menjelaskan cara mengidentifikasi nomor telepon yang akan dituju pada buku telepon  Mampu mengidentifikasi nomor telepon yang akan dituju secara benar  Harus teliti dan taat asas |  Cara mengidentifikasi nomor telepon yang akan dituju pada buku telepon |  Mengidentifikasi nomor telepon yang dituju |  Teliti  Taat asas | 2 | 4 | 
| 2.2 Tujuan dari menelepon telah dirancang/ dibentuk secara tepat sebelum menelepon/ memanggil |  Dapat menjelaskan langkah merancang/membentuk tujuan dari menelepon sebelum menelepon/memanggil  Mampu merancang/membentuk tujuan menelepon sebelum menelepon/memanggil  Harus cermat dan taat asas |  Langkah merancang/memben-tuk tujuan dari menelepon |  Merancang/ membentuk tujuan menelepon |  Cermat  Taat asas | |||
| 2.3 Alat/sarana digunakan secara tepat |  Dapat menjelaskan cara menggunakan alat/sarana telepon  Mampu menggunakan alat/ sarana  Harus cermat dan taat asas |  Cara menggunakan alat/sarana telepon |  Menggunakan alat/sarana |  Cermat  Taat asas | |||
| 2.4 Nama perusahaan dan alasan menelepon disampaikan dengan tepat |  Dapat menjelaskan teknik menyampaikan nama perusahaan dan alasan menelepon  Mampu menyampaikan nama perusahaan dan alasasn menelepon  Harus sopan, jelas dan taat asas |  Teknik menyampaikan nama perusahaan dan alasan menelepon |  Menyampaikan nama perusahaan dan alasan menelepon |  sopan  Jelas  Taat asas | |||
| 2.5 Sikap dan etika bertelepon adalah sopan dan ramah setiap saat |  Dapat menjelaskan etika dalam bertelepon  Mampu menelepon sesuai sikap dan etika yang dipersyaratkan  Harus sopan dan ramah dalam menelepon |  Etika dalam bertelepon |  Menelepon sesuai sikap dan etika yang dipersyarat-kan |  Sopan  Ramah | |||
| Asesmen | |||||||
| 3. Mengakhiri dan menutup pembicaraan telepon | 3.1 Pembicaraan telepon yang akan berakhir dapat diidentifikasi |  Dapat menjelaskan prosedur mengakihiri pembicaraan telepon  Mampu mengidentifikasi pembicaraan telepon yang akan berakhir  Harus taat asas |  Prosedur mengakhiri pembicaraan telepon |  Mengidentifikasi pembicaraan telepon yang akan berakhir |  Taat asas | 2 | 4 | 
| 3.2 Salam penutup diucapkan dengan benar |  Dapat menjelaskan teknis mengucapkan salam penutup  Mampu mengucapkan salam penutup dengan benar  Harus sopan dan ramah |  Teknis mengucapkan salam penutup |  Mengucapkan salam penutup dengan baik |  Sopan  Ramah | |||
| 3.3 Pesawat telepon ditutup dengan tepat dan benar |  Dapat menjelaskan prosedur menutup pesawat telepon  Mampu menutup pesawat telepon dengan tepat dan benar  Harus taat asas |  Prosedur menutup pesawat telepon |  Menutup pesawat telepon dengan tepat dan benar |  Taat asas | |||
| Asesmen | |||||||
| 4. Penyampaian pesan telepon | 4.1 Penulisan pesan dalam lembar pesan telepon dilakukan dengan tepat dan benar |  Dapat menjelaskan prosedur pengisian lembar pesan telepon  Mampu melakukan penulisan pesan dalam lembar pesan telepon  Harus cermat, teliti dan taat asas dalam melakukan penulisan pesan dalam lembar pesan telepon |  Prosedur pengisian lembar pesan telepon |  Melakukan penulisan pesan dalam lembar pesan telepon |  Cermat  Teliti  Taat asas | 2 | 4 | 
| 4.2 Penyampaian pesan kepada yang berkepentingan secara cepat dan tepat |  Dapat menjelaskan prosedur penyampaian pesan  Mampu menyampaikan pesan kepada yang berkepentingan  Harus cepat, tepat dan taat asas dalam menyampaikan pesan pada yang berkepentingan |  Prosedur penyampaian pesan |  Menyampaikan pesan kepada yang berkepenting-an |  Cepat  Tepat  Taat asas | |||
| Asesmen | |||||||
Selengkapnya Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP [Unduh]
Demikian informasi mengenai Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP"