Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP

Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP. indonesiakompeten.id. Bagi yang membutuhkan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP dapat diunduh melalui link di bagian akhir posting ini

Baca lainnya:
1. Program Pelatihan Administrasi Perkantoran
2. Program Pelatihan Bahasa Jepang

Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP


Preview Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP sebagai berikut

PROGRAM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
1. Nama Pelatihan : Customer Service
2. Kode Program Pelatihan : N.82.11000.01.15
3. Kualifikasi/Jenjang Pelatihan : Non-jenjang
4. Tujuan Pelatihan : Setelah mengikuti pelatihan ini peserta kompeten melakukan komunikasi di tempat kerja, melakukan prosedur administrasi, menggunakan peralatan kantor, berkomunikasi dan membaca bahasa inggris pada tingkat operasional dasar, bekerjasama dengan kolega dan pelanggan, menerapkan prosedur K3 perkantoran, mengimplementasikan pelayanan prima, serta mengelola stress dalam melayani pelanggan di bidang administrasi perkantoran sesuai dengan prosedur kerja yang telah ditetapkan.
5. Unit Kompetensi yang ditempuh:
5.1 ADM.PK01.001.01 Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi
5.2 ADM.PK01.002.01 Berkomunikasi Melalui Telepon
5.3 ADM.PK02.007.01 Melakukan Prosedur Administrasi
5.4 ADM.PK01.006.01 Menggunakan Peralatan Kantor
5.5
5.6
ADM.PK02.019.01
ADM.PK02.020.01
Berkomunikasi Lisan dalam Bahasa Inggris Tingkat Operasional Dasar
Membaca dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
5.7 ADM.PK01.003.01 Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5.8 ADM.PK03.002.01 Mengikuti Prosedur K3 Perkantoran
5.9
5.10
ADM.PK02.017.01
ADM.PK02.034.01
Mengkoordinir Implementasi Pelayanan Prima
Mengelola Stress
6. Perkiraan Waktu Pelatihan: 280 Jam Pelatihan (@45 menit)
7. Persyaratan Peserta Pelatihan:
7.1 Pendidikan : Minimal SLTA/ Sederajat
7.2 Pelatihan : -
7.3 Pengalaman Kerja : -
7.4 Jenis Kelamin : Laki – laki/ Perempuan
7.5 Umur : 17 s/d 30 Tahun
7.6 Kesehatan : Sehat jasmani dan rohani
7.7 Persyaratan Khusus : Berpenampilan menarik
8. Persyaratan Instruktur
8.1 Pendidikan Formal : Minimal Diploma III
8.2 Persyaratan Kompetensi :
1) Metodologi : Sertifikat UJK Metodologi
2) Teknis : Sertifikat Diklat Dasar Bisnis dan Manajemen
8.3 Pengalaman Kerja : Pernah bekerja di industri atau mengikuti On
The Job Training (OJT) di Industri
8.4 Kesehatan : Sehat jasmani dan rohani
8.5 Persyaratan khusus : -
KURIKULUM PELATIHAN BERBASISI KOMPETENSI
NO. MATERI PELATIHAN KODE UNIT PERKIRAAN WAKTU PELATIHAN (JP)
PENGE-TAHUAN KETERAM-PILAN JUMLAH
I. KELOMPOK UNIT KOMPETENSI
1.1 Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi ADM.PK01.001.01 10 18 28
1.2 Berkomunikasi Melalui Telepon ADM.PK01.002.01 8 16 24
1.3 Melakukan Prosedur Administrasi ADM.PK02.007.01 12 20 32
1.4 Menggunakan Peralatan Kantor ADM.PK01.006.01 10 18 28
1.5 Berkomunikasi Lisan dalam Bahasa Inggris Tingkat Operasional Dasar
1.6 Membaca dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
ADM.PK02.019.01
ADM.PK02.020.01
14
8
20
16
34
24
1.7 Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan ADM.PK01.003.01 10 18 28
1.8 Mengikuti Prosedur K3 Perkantoran ADM.PK03.002.01 4 4 8
1.9 Mengkoordinir Implementasi Pelayanan Prima
1.10 Mengelola Stress
ADM.PK02.017.01
ADM.PK02.034.01
8
4
16
6
24
10
Jumlah I - 88 152 240
II. PELATIHAN DI TEMPAT KERJA (OJT)
2.1 Praktek di Perusahaan - - - 1 Bln
Jumlah II
III. KELOMPOK NON-UNIT KOMPETENSI
1.1 Motivasi kerja
1.2 Sikap Etika
1.3 Tata Graha (5S)
1.4 Wawasan Industri
1.5 Kewirausahaan
6
4
2
4
6
0
0
2
16
0
6
4
4
20
6
Jumlah III 22 18 40
Jumlah I s.d. IV 109 171 280

SILABUS PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
1. KELOMPOK UNIT KOMPETENSI
1.1 JUDUL UNIT KOMPETENSI : MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI
KODE UNIT KOMPETENSI : ADM.PK01.001.01
PERKIRAAN WAKTU PELATIHAN : 28 Jampel @ 45 menit
Elemen Kompetensi Kriteria
Unjuk Kerja
Indikator
Unjuk Kerja
Materi Pelatihan Perkiraan
Waktu Pelatihan
(jampel)
Pengetahuan Keterampilan Sikap Penge-tahuan Keteram-pilan
1. Mengidentifikasi proses komunikasi di tempat kerja 1.1 Persyaratan kemampuan minimal berkomunikasi di tempat kerja diidentifikasi – Dapat menjelaskan syarat kemampuan minimal berkomunikasi di tempat kerja
– Dapat menjelaskan langkah mengidentifikasi persyaratan kemampuan minimal berkomunikasi di tempat kerja
– Mampu mengidentifikasi persyaratan kemampuan minimal berkomunikasi di tempat kerja
– Harus teliti dan taat asas
– Syarat kemampuan minimal berkomunikasi di tempat kerja
– Langkah mengidentifikasi syarat kemampuan minimal di tempat kerja
– Mengidentifika-si persyaratan kemampuan minimal berkomunikasi di tempat kerja – Teliti
– Taat asas
3 5
1.2 Sarana untuk berkomunikasi dengan penyelia dan rekan sekerja teridentifikasi sesuai standar di tempat kerja – Dapat menjelaskan macam-macam sarana komunikasi
– Dapat menjelaskan standar mengidentifikasi sarana komunikasi dengan penyelia dan rekan sekerja
– Mampu mengidentifikasi sarana untuk berkomunikasi dengan penyelia dan rekan sekerja sesuai standar di tempat kerja
– Harus teliti dan taat asas
– Macam-macam sarana komunikasi
– Standar mengidentifikasi sarna komunikasi dengan penyelia dan rekan sekerja
– Mengidentifikasi sarana untuk berkomunikasi dengan penyelia dan rekan sekerja – Teliti
– Taat asas
1.3 Informasi dikumpulkan dan disampaikan secara efektif dan efisien – Dapat menjelaskan definisi informasi
– Dapat menjelaskan sumber-sumber informasi
– Dapat menjelaskan teknik mengumpulkan informasi untuk disampaikan
– Mampu mengumpulkan informasi untuk disampaikan secara efektif dan efisien
– Harus teliti, efektif dan efsien serta taat asas
– Definisi informasi
– Sumber informasi
– Teknik mengumpulkan informasi
– Mengumpulkan informasi untuk disampaikan – Teliti
– Efektif
– Efisien
– Taat asas
Asesmen
2. Menerima dan menyampaikan informasi 1.1 Pengamatan efektif dan keterampilan mendengar-kan secara aktif digunakan untuk mendapatkan dan menerjemah-kan info baik verbal maupun non verbal – Dapat menjelaskan teknik mendengarkan yang efektif
– Dapat menjelaskan jenis informasi
– Mampu menggunakan pengamatan efektif dan ketrampilan mendengarkan untuk mendapatkan dan menerjemahkan info verbal mupun non verbal
– Harus aktif, cermat dan taat asas
– Teknik mendengar yang baik
– Jens informasi
– Menggunakan pengamatan efektif dan ketrampilan mendengarkan untuk mendapatkan dan menerjemah-kan info verbal maupun non verbal – Aktif
– Cermat
– Taat asas
3 5
1.2 Informasi tertulis dan verbal diterima, dipahami dan diketahui – Dapat menjelaskan teknik membaca yang efektif
– Mampu menerima informasi tertulis dan verbal untuk dipahami dan diketahui
– Harus cermat, teliti dan taat asas
– Teknik membaca yang efektif – Menerima informasi tertulis dan verbal untuk dipahami dan diketahui – Cermat
– Teliti
– Taat asas
1.3 Dokumentasi rutin yang bersifat sederhana ditempat kerja dilengkapi secara akurat dan mudah dibaca – Dapat menjelaskan pengertian dokumentasi rutin
– Dapat menjelaskan langkah melengkapi dokumentasi rutin yang bersifat sederhana ditempat kerja
– Mampu melengkapi dokumentasi rutin sederhana ditempat kerja sehingga mudah dibaca
– Harus cermat dan teliti
– Pengertian dokumentasi rutin
– Langkah melengkapi dokumentasi rutin yang bersifat sederhana ditempat kerja
– Melengkapi dokumentasi rutin sederhana sehingga mudah dibaca – Cermat
– Teliti
1.4 Informasi dan ide didiskusikan dengan cara jelas dan santun menggunakan teknik komunikasi yang tepat – Dapat menjelaskan teknik komunikasi efektif
– Dapat menjelaskan teknik diskusi
– Mampu menggunakan teknik komunikasi dalam mendiskusikan informasi dan ide
– Harus komunikatif, dan santun
– Teknik komunikasi efektif
– Teknik diskusi
– Menggunakan teknik komunikasi dalam mendiskusikan informasi dan ide – Jelas
– santun
Asesmen
3. Membuat konsep komunikasi tertulis sebagai informasi 3.1 Prosedur dan format penulisan konsep yang relevan diidentifikasi – Dapat menjelaskan pengertian konsep tulisan
– Dapat menjelaskan prosedur penulisan konsep
– Dapat menjelaskan macam-macam penulisan konsep
– Dapat menjelaskan langkah mengidentikasi prosedur dan format penulisan konsep
– Mampu mengidentifikasi prosedur dan format penulisan konsep
– Harus cermat, teliti dan taat asas
– Pengertian konsep tulisan
– Proses penulisan konsep
– Macam-macam penulisan konsep
– Langkah mengidentifikasi prosedur dan format penulisan konsep
– Mengidentifikasi prosedur dan format penulisan konsep yang relevan – Cermat
– Teliti
– Taat asas
3 5
3.2 Konsep tulisan disampaikan untuk diketahui sesuai dengan batas waktu – Dapat menjelaskan proses menyampaikan konsep tulisan
– Mampu menyampaikan konsep tulisan untuk diketahui
– Tepat waktu dalam menyampaikan konsep tulisan
– Proses menyampaikan konsep tulisan – Menyampaikan konsep tulisan untuk diketahui – Tepat waktu
3.3 Menggunakan bahasa verbal dan non verbal dengan tata bahasa yang baik sesuai kebutuhan di tempat kerja – Dapat menjelaskan definisi tata bahasa
– Dapat menjelaskan jenis bahasa verbal dan non verbal
– Dapat menjelaskan cara menggunakan bahasa verbal dan non verbal dengan tata bahasa yang baik
– Mampu menggunakan bahasa verbal dan non verbal dengan tata bahasa sesuai kebutuhan ditempat kerja
– Harus taat asas
– Definisi tata bahasa
– Jenis bahasa verbal dan non verbal
– Cara menggunakan bahasa verbal dan non verbal dengan tata bahasa yang baik
– Menggunankan bahasa verbal dan non verbal dengan tata bahasa sesuai kebutuhan ditempat kerja – Taat asas
Asesmen
4. Memilih media komunikasi 4.1 Prosedur pemilihan media komunikasi dipilih sesuai dengan kebutuhan dan SOP – Dapat menjelaskan jenis media komunikasi
– Dapat menjelaskan prosedur pemilihan media komunikasi
– Mampu memilih prosedur pemilihan media komunikasi
– Harus sesuai kebutuhan dan SOP dalam memilih prosedur pemilihan media komunikasi
– Media komunikasi
– Prosedur pemilihan media komunikasi
– Memilih prosedur pemilihan media komunikasi – Sesuai kebutu-han
– Taat asas
1 3
4.2 Seluruh kegiatan unjuk kerja dilakukan sesuai dengan acuan K3 – Dapat menjelaskan sikap kerja yang digunakan dalam melakukan semua unjuk kerja
– Mampu melakukan seluruh kegiatan unjuk kerja sesuai acuan
– Harus taat asas dalam melakukan seluruh kegiatan unjuk kerja
– Sikap kerja
– K3
– Melakukan seluruh kegiatan unjuk kerja sesuai acuan – Taat asas
Asesmen
1.2 JUDUL UNIT KOMPETENSI : BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
KODE UNIT KOMPETENSI : ADM.PK01.002.01
PERKIRAAN WAKTU PELATIHAN : 24 Jampel @ 45 menit
Elemen Kompetensi Kriteria
Unjuk Kerja
Indikator
Unjuk Kerja
Materi Pelatihan Perkiraan
Waktu Pelatihan
(jampel)
Pengetahuan Keterampilan Sikap Penge-tahuan Keteram-pilan
1. Menerima panggilan telepon 1.1 Panggilan dijawab secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar perusahaan – Dapat menjelaskan prosedur menerima telepon
– Mampu menjawab panggilan secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar perusahaan
– Harus sopan, ramah dan taat asas
– Macam dan kegunaan alat serta media komunikasi
– Cara menyiapkan alat dan media komunikasi.
– Menjawab panggilan secara cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar perusahaan – Sopan
– Ramah
– Taat asas
2 4
1.2 Permohonan/ permintaan dicatat secara akurat dan disampaikan kepada departemen/ orang yang tepat untuk ditindaklanjuti – Dapat menjelaskan prosedur pencatatan permohonan / permintaan
– Dapat menjelaskan langkah menyampaikan permohonan/permintaan dari penelepon
– Mampu mencatat permohonan/permintaan untuk disampaikan kepada departemen/orang yang tepat
– Harus cermat, teliti dan taat asas
– Prosedur pencatatan permohonan/perminta-an – Mencatat permohonan/ permintaan untuk disampaikan kepada departemen/ orang yang tepat – Cermat
– Teliti
– Taat asas
1.3 Pesan dicatat secara lengkap – Dapat menjelaskan cara mencatat pesan
– Mampu mencatat pesan secara lengkap
– Harus teliti dan taat asas
– Cara mencatat pesan – Mencatat pesan – Teliti
– Taat asas
1.4 Uraian penelepon diulang secara rinci untuk memperkuat pengertian – Dapat menjelaskan cara mengulang uraian penelepon untuk memperkuat pengertian
– Mampu mengulang uraian penelepon untuk memperkuat pengertian
– Harus rinci, ramah dan sopan
– Cara mengulang uraian penelepon untuk memperkuat pengertian – Mengulang uraian penelepon untuk memperkuat pengertian – Rinci
– Ramah
– sopan
1.5 Jika memungkinkan peluang digunakan untuk dapat menjelaskan produk-produk dan pelayanan perusahaan – Dapat menjelaskan macam-macam teknik pemasaran
– Dapat menjelaskan langkah-langkah menggunakan peluang menjelaskan produk dan pelayanan perusahaan
– Mampu menggunakan peluang untuk dapat menjelaskan produk dan pelayanan perusahaan
– Harus cermat dan taat asas
– Macam-macam teknik pemasaran
– Langkah-langkah menggunakan peluang menjelaskan produk dan pelayanan perusahaan
– Menggunakan peluang untuk dapat menjelaskan produk dan pelayanan perusahaan – Cermat
– Taat asas
1.6 Panggilan telepon yang mengancam dan mencurigakan dicatat dan ditransfer kepada orang yang berwenang sesuai dengan prosedur perusahaan – Dapat menjelaskan jenis panggilan telepon
– Dapat menjelaskan prosedur menerima telepon mencurigakan
– Dapat menjelaskan langkah mentransfer panggilan telepon
– Mampu mencatat dan mentransfer panggilan telepon yang mengancam dan mencurigakan kepada bagain yang berwenang
– Harus cermat dan taat asas
– Jenis panggilan telepon
– Prosedur menerima telepon yang mencurigakan
– Langkah mentransfer panggilan telepon
– Mencatat dan mentransfer panggilan telepon yang mengancam dan mencurigakan kepada bagian yang berwenang – Cermat
– Taat asas
Asesmen
2. Melakukan panggilan telepon 2.1 Nomor telepon yang akan dituju diidentifikasi secara benar – Dapat menjelaskan cara mengidentifikasi nomor telepon yang akan dituju pada buku telepon
– Mampu mengidentifikasi nomor telepon yang akan dituju secara benar
– Harus teliti dan taat asas
– Cara mengidentifikasi nomor telepon yang akan dituju pada buku telepon – Mengidentifikasi nomor telepon yang dituju – Teliti
– Taat asas
2 4
2.2 Tujuan dari menelepon telah dirancang/ dibentuk secara tepat sebelum menelepon/ memanggil – Dapat menjelaskan langkah merancang/membentuk tujuan dari menelepon sebelum menelepon/memanggil
– Mampu merancang/membentuk tujuan menelepon sebelum menelepon/memanggil
– Harus cermat dan taat asas
– Langkah merancang/memben-tuk tujuan dari menelepon – Merancang/ membentuk tujuan menelepon – Cermat
– Taat asas
2.3 Alat/sarana digunakan secara tepat – Dapat menjelaskan cara menggunakan alat/sarana telepon
– Mampu menggunakan alat/ sarana
– Harus cermat dan taat asas
– Cara menggunakan alat/sarana telepon – Menggunakan alat/sarana – Cermat
– Taat asas
2.4 Nama perusahaan dan alasan menelepon disampaikan dengan tepat – Dapat menjelaskan teknik menyampaikan nama perusahaan dan alasan menelepon
– Mampu menyampaikan nama perusahaan dan alasasn menelepon
– Harus sopan, jelas dan taat asas
– Teknik menyampaikan nama perusahaan dan alasan menelepon – Menyampaikan nama perusahaan dan alasan menelepon – sopan
– Jelas
– Taat asas
2.5 Sikap dan etika bertelepon adalah sopan dan ramah setiap saat – Dapat menjelaskan etika dalam bertelepon
– Mampu menelepon sesuai sikap dan etika yang dipersyaratkan
– Harus sopan dan ramah dalam menelepon
– Etika dalam bertelepon – Menelepon sesuai sikap dan etika yang dipersyarat-kan – Sopan
– Ramah
Asesmen
3. Mengakhiri dan menutup pembicaraan telepon 3.1 Pembicaraan telepon yang akan berakhir dapat diidentifikasi – Dapat menjelaskan prosedur mengakihiri pembicaraan telepon
– Mampu mengidentifikasi pembicaraan telepon yang akan berakhir
– Harus taat asas
– Prosedur mengakhiri pembicaraan telepon – Mengidentifikasi pembicaraan telepon yang akan berakhir – Taat asas 2 4
3.2 Salam penutup diucapkan dengan benar – Dapat menjelaskan teknis mengucapkan salam penutup
– Mampu mengucapkan salam penutup dengan benar
– Harus sopan dan ramah
– Teknis mengucapkan salam penutup – Mengucapkan salam penutup dengan baik – Sopan
– Ramah
3.3 Pesawat telepon ditutup dengan tepat dan benar – Dapat menjelaskan prosedur menutup pesawat telepon
– Mampu menutup pesawat telepon dengan tepat dan benar
– Harus taat asas
– Prosedur menutup pesawat telepon – Menutup pesawat telepon dengan tepat dan benar – Taat asas
Asesmen
4. Penyampaian pesan telepon 4.1 Penulisan pesan dalam lembar pesan telepon dilakukan dengan tepat dan benar – Dapat menjelaskan prosedur pengisian lembar pesan telepon
– Mampu melakukan penulisan pesan dalam lembar pesan telepon
– Harus cermat, teliti dan taat asas dalam melakukan penulisan pesan dalam lembar pesan telepon
– Prosedur pengisian lembar pesan telepon – Melakukan penulisan pesan dalam lembar pesan telepon – Cermat
– Teliti
– Taat asas
2 4
4.2 Penyampaian pesan kepada yang berkepentingan secara cepat dan tepat – Dapat menjelaskan prosedur penyampaian pesan
– Mampu menyampaikan pesan kepada yang berkepentingan
– Harus cepat, tepat dan taat asas dalam menyampaikan pesan pada yang berkepentingan
– Prosedur penyampaian pesan – Menyampaikan pesan kepada yang berkepenting-an – Cepat
– Tepat
– Taat asas
Asesmen

Selengkapnya Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP [Unduh]
Demikian informasi mengenai Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service 280 JP"