Contoh Kurikulum dan Program Pelatihan Administrasi Perkantoran Berbasis Kompetensi

Contoh Kurikulum dan Program Pelatihan Administrasi Perkantoran Berbasis Kompetensi. indonesiakompeten.id. Berikut kami sampaikan contoh program pelatihan administrasi perkantoran 290 Jam Pelatihan. Contoh program pelatihan ini dapat dijadikan contoh program pelatihan bagi BLK maupun LPK.

Contoh Kurikulum dan Program Pelatihan Administrasi Perkantoran Berbasis Kompetensi


PROGRAM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
1. Nama Pelatihan : Adminstrasi Perkantoran
2. Kode Program : N.82.1.1.0.0.0.01.15
3. Kualifikasi/Jenjang Pelatihan : Non Jenjang
4. Tujuan Pelatihan : Setelah mengikuti pelatihan ini peserta kompeten memberikan pelayanan kepada pelanggan,menggunakan peralatan kantor, menghasilkan dokumen sederhana, menangani surat menyurat,mengarsipkan dokumen, bekerja secara efektif dengan orang lain, membuat presentasi, mengelola kas kecil,berkomunikasi dalam bahasa inggris serta mengikuti sesuai prosedur yang berlaku.
5. Unit Kompetensi yang Ditempuh
ADM.PK01.004.01
ADM.PK01.006.01
ADM.PK02.005.01
ADM.PK02.007.01
ADM.PK02.008.01
ADM.PK02.009.01
ADM.PK02.013.01
ADM.PK02.019.01
ADM.PK02.027.01
ADM.PK02.031.01
ADM.PK02.033.01
ADM.PK03.002.01
Ditempuh :
Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan
Menggunakan Peralatan Kantor
Menghasilkan Dokumen Sederhana
Melakukan Prosedur Administrasi
Menangani penerimaan Surat/Dokumen
Menangani Pengiriman Surat/Dokumen
Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan
Berkomunikasi Lisan dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
Mengelola Kas Kecil
Bekerja Secara Efektif Dengan Orang Lain
Membuat Presentasi
Mengukuti Prosedur K3 Perkantoran
6. Perkiraan Waktu Pelatihan : 290JP @ 45 Menit
7. Persyaratan Peserta Pelatihan
7.1 Pendidikan
7.2 Pelatihan
7.3 Pengalaman Kerja
7.4 Umur
7.5 Jenis Kelamin
7.6 Kesehatan
7.7 Test Kemampuan
:
:
:
:
:
:
:
:
Minimal SMU/SMK
-
-
17 s/d 25 Tahun
Laki-laki/Perempuan
Sehat Jasmani dan Rohani
Lulus seleksi
8.Persyaratan Instruktur
8.1 Pendidikan Formal
8.2 Persyaratan Kompetensi
1) Metodologi
2) Teknis
8.3 Pengalaman Kerja
8.4 Kesehatan
8.5Persyaratan Khusus
:
:
:
:
:
:
:
:
Min D3
Memiliki Sertifikat UJK Kompetensi Metodologi
Memiliki Sertifikat
Sehat Jasmani dan Rohani
KURIKULUM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
NO UNIT KOMPETENSI KODE UNIT JAM PELATIHAN
PENGETA-HUAN KETERAM
PILAN
JUMLAH
I UNIT KOMPETENSI
1.1 Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan ADM.PK01.004.01 6 12 18
1.2 Menggunakan Peralatan Kantor ADM.PK01.006.01 8 12 20
1.3 Menghasilkan Dokumen Sederhana ADM.PK02.004.01 8 14 22
1.4 Melakukan prosedur Administrasi ADM.PK02.007.01 10 14 24
1.5 Menangani Penerimaan Surat/Dokumen ADM.PK02.008.01 10 14 24
1.6 Menangani Pengiriman Surat/Dokumen ADM.PK02.009.01 10 14 24
1.7 Mengelola dan Menjaga Sistem Karsipan ADM.PK02.013.01 10 14 24
1.8 Berkomunikasi Lisan dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar ADM.PK02.019.01 10 14 24
1.9 Mengelola Kas Kecil ADM.PK02.027.01 8 14 22
1.10 Bekerja Secara Efektif Dengan Orang Lain ADM.PK02.031.01 6 12 18
1.11 Membuat Presentasi ADM.PK02.033.01 6 12 18
1.12 Mengikuti Prosedur K3 Perkantoran ADM.PK03.002.01 4 8 12
Jumlah I 96 154 250
II. PELATIHAN DI TEMPAT KERJA(OJT)
2.1. OJT di Perusahaan - - - 1Bln
Jumlah II 1Bln
III NON UNIT KOMPETENSI
3.1. Motivasi Kerja - 4 0 4
3.2 5S - 2 2 4
3.3 Kewirausahaan - 6 0 6
3.4 Tim Building - 6 16 22
3.5 Sikap Etika - 4 0 4
Jumlah IV 22 18 40
Jumlah I s/d VI 290


SILABUS PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
KELOMPOK UNIT KOMPETENSI
1.1 Unit Kompetensi : Memberikan pelayanan Kepada pelanggan
Kode Unit : ADM.PK01.004.01
Perkiraan Waktu : 18JP @ 45 menit
ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA INDIKATOR UNJUK KERJA MATERI PELATIHAN PERKIRAAN WAKTU PELATIHAN
Pengetahuan Keterampilan Sikap Pengetahuan Keterampilan
1. Memahami Konsep Pelayanan Prima dan Prinsip-prinsip Pelayanan 1.1. Informasi pelayanan yang tersedia, dipilih dan diberikan sesuai kebutuhan yang diinginkan pelanggan. · Dapat menginformasikan pelayanan yang tersedia, dipilih dan diberikan sesuai kebutuhan yang diinginkan pelanggan.
· Mampu menginformasikan pelayanan yang tersedia, dipilih dan diberikan sesuai kebutuhan yang diinginkan pelanggan.
· .Cermat dan teliti ketika memilih informasi pelayanan yang sesuai dengan SOP
· Macam-macam informasi pelayanan · Menginformasikan pelayanan yang tersedia · Cermat
· Teliti
· Sesuai SOP
2 4
1.2. Prinsip-prinsip pelayanan prima dipahami dan diterapkan di unit kerja sesuai dengan SOP · Dapat menjelaskan prinsip pelayanan prima di unit kerja sesuai dengan SOP
· Mampu memahami pelayanan prima yang dilakukan di unit kerja sesuai dengan SOP
· Cermat ketika memahami prinsip-prinsip pelayanan prima sesuai dengan SOP
· Prinsip-prinsip pelayanan prima dalam unit kerja · Memahami pelayanan prima di unit kerja · Cermat
· Sesuai SOP
Assesmen
2. Memahami Unsur-unsur Kualitas Pelayanan Prima 2.1 Unsur-unsur kualitas pelayanan prima dipahami secara cermat dan tepat · Dapat menjelaskan unsur-unsur kualitas pelayanan prima
· Mampu memahami unsur-unsur kualitas pelayan prima
· Cermat,teliti dan tepat ketika memahami unsur-unsur pelayanan prima
· Unsur-unsur kualitas layanan prima · Memahami unsur-unsur pelayanan prima · Cermat
· Teliti
· Tepat
2 4
2.2 Kualitas pelayanan pelanggan dijaga dan ditingkatkan secara efektif dan efisien. · Dapat Menjelaskan kualitas pelayanan pelanggan
· Mampu Menjaga dan meningkatkan pelayanan pelanggan secara efektif dan efisien
· Teliti ketika menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan
· Kualitas pelayanan pelanggan · Menjaga dan meningkatkan pelayanan pelanggan · Teliti
Assesmen
3.Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan 3.1 Kebutuhan Pelayanan diidentifikasi secara tepat, efektif dan efisien sesuai SOP · Dapat mengidentifikasi pelayanan secara tepat efektif dan efisien sesuai SOP
· Mampu mengidentifikasi kebutuhan pelayanan
· Teliti dan tepat ketika mengidentifikasi kebutuhan pelayanan sesuai SOP
· Kebutuhan pelayanan · Mengidentifikasi kebutuhan pelayanan · Teliti
· Tepat
· Sesuai SOP
2 4
3.2 Keluhan pelanggan ditangani secara baik dan tepat sesuai dengan prosedur perusahaan. · Dapat menjelaskan keluhan pelanggan
· Mampu menangani keluhan pelanggan secara baik dan tepat sesuai dengan prosedur perusahaan
· Cermat, teliti dan sopan ketika menangani keluhan pelanggan sesuai dengan prosedur perusahaan
· Keluhan Pelanggan · Menangani keluhan pelanggan secara baik dan tepat · Cermat
· Teliti
· Sopan
· Sesuai SOP
3.3 Membangun hubungan dengan pelanggan untuk memberikan pelayanan yang maksimal sesuai dengan kebutuhan pelanggan · Dapat memberikan pelayanan dalam membangun hubungan dengan pelanggan
· Mampu membangun hubungan dengan pelanggan untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin
· Sopan dalam membangun hubungan dengan pelanggan
· Pelayanan dan hubungan pelanggan yang baik · Membangun hubungan dengan pelanggan untuk memberikan pelayanan maksimal · Sopan
3.4 Menggunakan bahasa dan sikap yang baik dan benar · Dapat menjelaskan bahasa dan sikap yang benar ketika memberikan pelayanan
· Mampu menggunakan bahasa dan sikap yang baik dan benar
· Teliti dan sopan ketika menggunakan bahasa dengan pelanggan
· Bahasa dan sikap yang baik · Menggunakan bahasa dan sikap yang baik dan benar · Teliti
· Sopan
·
Assesmen
1.2 Unit Kompetensi : Menggunakan Peralatan Kantor
Kode Unit : ADM.PK02.006.01
Perkiraan Waktu : 20JP @ 45 menit
ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA INDIKATOR UNJUK KERJA MATERI PELATIHAN PERKIRAAN WAKTU PELATIHAN
Pengetahuan Keterampilan Sikap Pengetahuan Keterampilan
1. Memilih peralatan 1.1 Peralatan untuk melaksanakan pekerjaan diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan. · Dapat mengidentifikasi jenis-jenis peralatan kantor
· Dapat menjelaskan fungsi dari peralatan kantor
· Mampu mengidentifikasikan peralatan kantor sesuai dengan kebutuhan kerja
· Harus teliti dalam mengindentifikasikan peralatan sesuai kebutuhan
· Jenis-jenis peralatan kantor
· Fungsi peralatan kantor
· Mengidentifikasi peralatan kantor sesuai dengan kebutuhan kerja · Teliti 2 3
1.2 Jumlah peralatan yang dibutuhkan, dipilih dan dipertimbangkan sesuai kebutuhan · Dapat menentukann faktor-faktor dan pertimbangan pemilihan suatu alat
· Mampu memilih peralatan
· Mampu menetapkan jumlah peralatan
· Harus cermat dan teliti dalam mempertimbangkan jumlah peralatan
· faktor-faktor dan pertimbangan pemilihan suatu alat · Memilih peralatan
· Menetapkan jumlah peralatan
· Cermat dan Teliti
Assesmen
2.Mengoperasikan peralatan 2.1 Peralatan dipergunakan sesuai prosedur dan instruksi penggunaan · Dapat melakukan sesuai prosedur pengoperasian alat
· Mampu mengoperasikan alat
· Harus sesuai SOP dalam menggunakan peralatan
· Prosedur pengoperasian alat · Mengoperasikan alat-alat · Sesuai SOP 3 4
2.2 Ketidaksesuaian diidentifikasi secara tepat dan benar · Dapat melakukan sesuai pedoman pemakaian alat
· Mampu mengidentifikasi ketidaksesuaian
· Teliti dalam mengindentifikasi ketidaksesuaian
· Pedoman pemakaian alat · Mengidentifikasi ketidaksesuaian · Teliti
Assesmen
3. Memelihara Peralatan 3.1 Pemeliharaan peralatan dilakukan sesuai instruksi penggunaan · Dapat melakukan sesuai pedoman pemeliharaan alat
· Mampu memelihara peralatan
· Harus sesuai SOP dalam pemeliharaan peralatan
· Pedoman pemeliharaan alat · Memelihara peralatan · Sesuai SOP 3 4
3.2 Pencatatan pemeliharaan dilakukan sesuai instruksi penggunaan · Dapat membuat jadwal rutin pemeliharaan
· Mampu membuat buku/jadwal perawatan peralatan
· Harus sesuai SOP dalam pencatatan pemeliharaan
· Jadwal rutin pemeliharaan · Membuat buku/jadwal perawatan peralatan · Sesuai SOP
3.3 Peralatan dan sarana disimpan sesuai instruksi penggunaan · Dapat mengetahui pedoman penyimpanan alat
· Mampu menyimpan alat sesuai dengan tempatnya
· Harus sesuai SOP dalam menyimpan peralatan
· Pedoman penyimpanan alat · Menyimpan alat sesuai dengan tempatnya · Sesuai SOP
3.4 Perbaikan (peralatan kantor) diluar kewenangan harus dilaporkan kepada orang yang berwenang agar dapat diambil sebuah tindakan. · Dapat mengetahui pedoman perbaikan diluar kewenangan
· Mampu membuat laporan kerusakan alat
· Sesuai SOP dan teliti dalam menangani perbaikan peralatan kantor
· Pedoman perbaikan diluar kewenangan · Membuat laporan kerusakan alat · Sesuai SOP
Assesmen

DAFTAR PERALATAN DAN BAHAN YANG DIGUNAKAN

1. Nama Pelatihan :Administrasi Perkantoran

2. Kode Program Pelatihan :N.82.1.1.0.0.0.01.15

NO

UNIT KOMPETENSI

KODE UNIT

DAFTAR PERALATAN

DAFTAR BAHAN

KETERANGAN

1

Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan

ADM.PK01.004.01

· Flip chart

· Komputer/Laptop

· Infocus

· White board

· Kertas flip chart

· Alat Tulis

· Modul (1set)

· Kertas marmer

Ruang Teori

Peserta = 16

Ruang Kerja/

R. Simulasi

2

Menggunakan Peralatan kantor

ADM.PK01.006.01

· White board

· Komputer/Laptop

Infocus

· Mesin fotocopy

· Mesin laminating

· Mesin cash register

· Telepon

· Buku tulis

· Alat tulis

· Modul (1set)

Ruang Teori

Peserta = 16

Ruang Kerja/

R. Simulasi

3

Menghasilkan Dokumen Sederhana

ADM.PK02.004.01

· Komputer/laptop

· Infocus

· White board

· Buku Tulis

· Alat Tulis

· Modul (1set)

· Flash Disk

Ruang Teori

Peserta = 16

Ruang Kerja/

R. Simulasi

4

Melakukan Prosedur Administrasi

ADM.PK02.007.01

· Komputer/laptop

· Infocus

· White board

· Buku tulis

· Alat tulis

· Buku Besar

· Contoh surat niaga

· Modul (1set)

Ruang Teori

Peserta = 16

Ruang Kerja/

R. Simulasi

5

Menangani Penerimaan Surat/Dokumen

ADM.PK02.008.01

· Komputer/laptop

· Whitw board

· Infocus

· Buku tulis

· Alat tulis

· Map Plastik

· Tab 10 Warna

· Pos it

· Flash disk

· Kertas HVS

· Modul (1set)

Ruang Teori

Peserta = 16

Ruang Kerja/

R. Simulasi

6

Menangani Pengiriman Surat/Dokumen

ADM.PK02.009.01

· Komputer/laptop

· Infocus

· White board

· Buku tulis

· Alat tulis

· Map Plastik

· Tab 10 Warna

· Pos it

· Flash disk

· Kertas HVS

· Modul (1set)

Ruang Teori

Peserta = 16

Ruang Kerja/

R. Simulasi

7

Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan

ADM.PK02.013.01

· Komputer/laptop

· Infocus

· White board

· Buku tulis

· Alat tulis

· Kertas HVS

· Modul (1set)

Ruang Teori

Peserta = 16

Ruang Kerja/

R. Simulasi

8

Berkomunikasi Lisan dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar

ADM.PK02.019.01

· Komputer/laptop

· Infocus

· White board

· Buku tulis

· Alat tulis

· Modul (1set)

Ruang Teori

Peserta = 16

Ruang Kerja/

R. Simulasi

9

Mengelola Kas Kecil

ADM.PK02.027.01

· Komputer/laptop

· Infocus

· White board

· Buku tulis

· Alat tulis

· Buku Besar

· Kertas HVS

· Kwitansi

· Bon

· Modul (1set)

Ruang Teori

Peserta = 16

Ruang Kerja/

R. Simulasi

10

Bekerja Secara Efektif Dengan Orang lain

ADM.PK02.031.01

· Komputer/laptop

· Infocus

· White board

· Buku tulis

· Alat tulis

· Kertas HVS

· Modul (1set)

Ruang Teori

Peserta = 16

Ruang Kerja/

R. Simulasi

11

Membuat Presentasi

ADM.PK02.033.01

· Komputer/laptop

· Infocus

· White board

· Flip Chart

· Buku tulis

· Alat tulis

· Modul (1set)

Ruang Teori

Peserta = 16

Ruang Kerja/

R. Simulasi

12

Mengikuti prosedur k3 Perkantoran

ADM.PK03.002.01

· Komputer/laptop

· Infocus

· White board

· Buku tulis

· Alat tulis

· Kertas HVS

· Modul (1set)

Ruang Teori

Peserta = 16

Ruang Kerja/

R. Simulasi

Selengkapnya download program pelatihan administrasi perkantoran [Unduh]

Demikian informasi Contoh Kurikulum dan Program Pelatihan Administrasi Perkantoran Berbasis Kompetensi mengenai semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Kurikulum dan Program Pelatihan Administrasi Perkantoran Berbasis Kompetensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel