Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi J.59ANM00.004.01 Membuat Gerak Berulang Karakter (Motion Loop)

Materi J.59ANM00.004.01 Membuat Gerak Berulang Karakter (Motion Loop). Sebagaimana Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Nomor 2/554/LP.00.01/VII/2020 tentang Pedoman Penyusunan Program dan Materi pelatihan, maka buku materi pelatihan ini merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media transformasi pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja kepada peserta pelatihan untuk mencapai kompetensi tertentu yang mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja. Buku Materi ini berisi informasi dan pengetahuan terkait unit kompetensi yang dipelajari. Selain itu buku Materi juga berisi penjabaran dari metode dan teknik yang dapat dilakukan saat instruktur dan peserta pelatihan berinteraksi di ruang teori maupun di ruang praktek. Karena memiliki banyak pilihan dalam cara pembelajarannya sehingga diharapkan kegiatan pelatihan menjadi tidak monoton. Sedangkan buku Asesmen berisi soal, pertanyaan dan tugas praktek sebagai alat untuk menilai dan mengukur kemampuan peserta pelatihan dalam penguasaan unit kompetensi tersebut. Materi Pelatihan Berbasis Kompetensi ini berjudul “Membuat Gerak Berulang Karakter (Motion Loop) J.59ANM00.004.1” disusun dengan format sesuai tata cara penyusunan materi pelatihan sebagaimana disebutkan di atas. Kami berharap pola ini akan memudahkan instruktur dan peserta pelatihan untuk menstimulasi perannya masing-masing agar pelatihan dapat berjalan dengan efektif dan menyenangkan.

Materi J.59ANM00.004.01 Membuat Gerak Berulang Karakter (Motion Loop)



PENGERTIAN CYCLE ANIMATION


Animasi cycle adalah proses penting dan efektif dalam membuat animasi, terutama untuk gerakan locomotion. Gerak berpindah (locomotion) artinya berulang ulang memindahkan tubuh atau gerak anggota tubuh yang menyebabkan tubuh berpindah tempat. Animasi cycle digunakan untuk membuat urutan yang dapat diulang berulangulang seperti bendera melambai, karakter berjalan, dll. Teknik ini berlaku untuk animasi komputer dan animasi 2D. Animasi cycle sangat membantu para animator karena mengurangi jumlah pekerjaan dan ini merupakan keuntungan besar bagi seluruh industri animasi.

12 PRINSIP ANIMASI

Seorang animator profesional, Thomas dan Johnston memberikan 12 prinsip animasi yang mereka adopsi dari animasi Walt Disney. Apa sajakah itu?
1. Solid Drawing
2. Timing & Spacing
3. Squash & Stretch
4. Anticipation
5. Slow In & Slow Out
6. Arcs
7. Secondary Action
8. Follow Through & Overlapping Action
9. Straight Ahead & Pose to pose
10. Staging
11. Appeal
12. Exaggeration

MEMBUAT POSE (POSING)

Animasi merupakan rangkaian pose-pose/gambar diam yang disusun dengan teknik tertentu sehingga menghasilkan ILUSI GERAK. Pose adalah bentuk karakter yang tidak sembarangan dan mengacu pada gesture atau body language untuk menyampaikan cerita. Posing merupakan PROSES animasi dan gerakan merupakan HASIL. Pose merupakan aspek mendasar dalam storytelling dari suatu animasi. Pose dipakai untuk menentukan key-frame dari animasi.


Good posing :

Menampilkan action yang sedang karakter kerjakan
Menyampaikan emosi dan perasaan karakter (saat karakter mengerjakan
sesuatu dalam kondisi senang,sedih, percaya diri, dll.)
Menyampaikan motivasi karakter , mengapa karakter melakukan hal tersebut.
Mampu menginformasikan tipe badan karakter (berat/ringan)
Terasa natural dan tidak dipaksakan pada karakter
Harus jelas dan mudah terbaca secara sekilas
Harus menarik untuk dilihat.
Harus bisa memandu dari satu pose ke pose berikutnya dan mampu
menampilkan cerita tanpa harus ditambah informasi


Center of Gravity adalah titik lokasi rata-rata dari berat suatu benda. Lokasi COG akan selalu berpindah bila kita membungkuk, menggerakkan kaki, menggerakkan tangan, dll. Balance memungkinkan tubuh manusia mempertahankan untuk tidak terjatuh pada saat bergerak atau diam berdiri. Balance bisa terjadi disebabkan karena berat dari karakter terdistribusi secara merata dan tersupport tapat di Center Of Gravity dari karakter. Obyek akan BALANCE bila COG segaris dengan support base dari obyek. Secara otomatis sebenarnya badan manusia selalu mencari balance, baik dalam kondisi diam atau bergerak. Jadi bila pose tidak mempunyai kondisi balance yang benar maka animasi tidak terlihat natural atau believable. Kondisi balance dari karakter bisa ditunjukan dengan melakukan identifikasi posisi Center Of Gravity dan melakukan “spreading” kaki atau bagian tubuh lain bila diperlukan.

Posting Komentar untuk "Materi J.59ANM00.004.01 Membuat Gerak Berulang Karakter (Motion Loop)"