Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimanakah Proses Inovasi itu? Seperti apakah Kategori Inovasi itu?

Bagaimanakah Proses Inovasi itu? Seperti apakah Kategori Inovasi itu?. Inovasi tidak selamanya baru (completely new), baik dari segi fisik maupun fitur yang melengkapinya. Inovasi dapat terjadi karena sebuah proses yang dikenal dengan nama re-invention. Proses re-invention ini bukan merupakan proses penemuan inovasi secara orisinil, namun lebih bersifat kosmetik atau dikenal dengan pseudo-innovation.

Dalam sebuah pelayanan publik, proses re-invention juga dimungkinkan untuk dilakukan, dengan maksud agar pelayanan publik akan lebih mudah diterima oleh masyarakat lokal.

Salah satu contoh yang paling mudah diamati dalam hasil sebuah proses re-invention ini adalah pengembangan situs yahoo yang memperkenalkan berbagai layanan dalam bahasa lokal (yahoo dot com, yahoo dot co dot id, dot co dot jp, dst) yang pada prinsipnya adalah sama.


Bagaimanakah Proses Inovasi itu? Seperti apakah Kategori Inovasi itu?


Kategori Inovasi

Dalam hal ini ada beberapa kategori inovasi, antara lain:

1. Incremental innovations – radical innovations

Inovasi ini berhubungan dengan tingkat keaslian (novelty) dari inovasi itu sendiri. Di sektor industri, kebanyakan inovasi bersifat perbaikan incremental.

2. Top-down innovations – bottom-up innovations

Ini untuk menjelaskan siapa yang memimpin perubahan perilaku. Top berarti manajemen atau organisasi atau hirarki yang lebih tinggi, sedangkan bottom merujuk pada pekerja atau pegawai pemerintah dan pengambil keputusan pada tingkat unit (mid- level policy makers).

3. Needs-led innovations and efficiency-led innovations

Proses inovasi yang diinisiasi telah menyelesaikan permasalahan dalam rangka meningkatkan efisiensi pelayanan, produk, dan prosedur.

Posting Komentar untuk "Bagaimanakah Proses Inovasi itu? Seperti apakah Kategori Inovasi itu?"