Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Inovasi di Sektor Publik

Inovasi di sektor publik adalah salah satu jalan atau bahkan breakthrough untuk mengatasi kemacetan dan kebuntuan organisasi di sektor publik. Karakteristik dari sistem di sektor publik yang rigid, kaku dan cenderung status quo harus bisa dicairkan melalui penularan budaya inovasi.

Apa Itu Inovasi di Sektor Publik


A. Inovasi di Sektor Publik

Inovasi yang biasanya hanya akrab di lingkungan dinamis seperti di sektor bisnis, perlahan mulai disuntikkan ke lingkungan sektor publik, dan inovasi mulai mendapatkan tempat di sektor publik. Hal ini tentunya tidak terlepas dari dinamika eksternal dan tuntutan perubahan yang sedemikian cepat yang terjadi di luar organisasi, di samping perubahan di masyarakat dengan tingkat literasi yang lebih baik, mempunyai kesadaran (awareness) yang lebih baik akan haknya.

Dengan demikian maka sektor publik dapat menjadi sektor yang dapat mengakomodasi dan merespons secara cepat setiap perubahan yang terjadi.

B. Inovasi dan Pemerintahan

Menurut laporan UNDESA, keharusan sektor publik untuk berinovasi karena alasan-alasan berikut:

1. Demokratisasi:

Fenomena demokratisasi telah menyebar ke seluruh dunia, melewati batas-batas kedaulatan, ideologi, dan politik bangsa- bangsa.

2. Perjanjian internasional (globalization):

Perjanjian internasional sebagai bagian dari konsekuensi globalisasi dan interaksi antar bangsa dalam rangka kerjasama.

3. Brain drain:

Fenomena human capital flight yang terjadi dari negara berkembang ke negara maju, sehingga terjadi ketidakseimbangan persebaran sumber daya manusia unggulan. Alhasil, kesenjangan sosial-ekonomi-politik antara negara maju dan negara berkembang semakin melebar.

4. Negara pasca konflik, demokrasi, dan ekonomi transisi:

Beberapa negara yang baru saja melewati masa konflik dan instabilitas politik akibat perang atau friksi kepentingan politik dalam negeri, saat ini mulai mengadopsi sistem demokrasi dan mengalami masa transisi.

5. Moral pegawai negeri:

Moralitas menjadi salah satu isu integritas pegawai dalam penataan birokrasi yang lebih baik.

6. Sumber baru persaingan: privatisasi dan outsourcing:

Privatisasi dan outsourcing adalah fenomena organisasional yang telah merambah sektor publik sejak lama. Hal ini berdampak pada perubahan struktur, budaya kerja, dan lingkungan dinamis organisasi.

C. Inovasi dalam Kebijakan Publik

Dalam hal inovasi di sektor publik, pemerintah mempunyai 3 (tiga) peranan dalam menginovasi kebijakan, yaitu:

1. Policy innovation: new policy direction and initiatives (inovasi kebijakan).

2. Innovation in the policy making process (inovasi dalam proses pembuatan kebijakan).

3. Policy to foster innovation and its diffusion (kebijakan untuk mengembangkan inovasi dan penyebarannya).

D. Perbedaan Inovasi di Sektor Bisnis dan Sektor Publik

Kompetisi yang sangat ketat telah mendorong sektor swasta/bisnis untuk mengembangkan dan memandang inovasi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas produk, proses, dan pelayanan dan dengan demikian mereka mendapatkan keuntungan kompetitif dan meningkatkan keuntungan.

Walaupun umum diketahui bahwa sektor publik sering ketinggalan dalam banyak hal dibandingkan sektor swasta, tetapi tidak juga bisa dikatakan bahwa sektor publik tidak bisa mengembangkan inovasi atau hanya sebagai pengikut dari inovasi- inovasi yang telah dikembangkan oleh sektor swasta.

Namun, ada perbedaan yang cukup mendasar antara inovasi yang dikembangkan di sektor bisnis/swasta dengan inovasi yang dikembangkan di sektor publik sebagaimana dapat dilihat pada Tabel 3.1 berikut ini:

 

Bidang Inovasi

Sektor Bisnis

Sektor Publik

 

 

 

Prinsip Pengorganisasian

Upaya       memperoleh profit,    stabilitas    atau pertumbuhan pendapatan à

Pasar      yang      terus berubah

Penegakan kebijakan publik à

Kebijakan baru dan atau yang berubah karena siklus politik

 

 

 

Struktur Organisasional

Ukuran organisasi yang bervariasi à

Perusahaan besar biasanya mengalokasikan dana khusus untuk inovasi

Sistem organisasi yang kompleks, kadang konflik satu sama lain à

Inovasi harus disesuaikan dengan situasi yang kompleks, termasuk isu social equity dan efisiensi ekonomi

 

 

Return on Investment (RoI) à

Indikator dan target kinerja

yang banyak à

 

Ukuran Kinerja

Inovasi memakan biaya besar, oleh karenanya biasanya dihitung dari selisih

keuntungan penjualan

Keuntungan dari inovasi sangat sulit diukur

 

 

 

 

Isu Manajemen

Beberapa manajer mempunyai otonomi, beberapa lainnya dibatasi oleh shareholder, corporate governance dan atau keuangan à

Inovasi     berhubungan dengan     pengambilan

resiko

Kebanyakan          manajer berada dalam situasi tekanan politik à

 

Inovasi memerlukan persetujuan politik

 

 

 

 

Hubungan dengan

end-users

Pasar adalah sebagai konsumen dan juga industri. Feedback dari pasar mendorong ide/inovasi à

Inovasi dimotivasi oleh kebutuhan menjaga hubungan dengan pasar

End-users adalah masyarakat, secara tradisional

adalah warga negara à

 

Customer relation tidak terbangun dengan baik. Inovasi biasanya didorong oleh faktor end-users

 

 

 

 

 

 

Rantai Supply

Kebanyakan perusahaan merupakan bagian dari rantai     supply     yang lebih besar à

Inovasi yang dihasilkan perusahaan kecil biasanya kalah oleh perusahaan besar, karena kalah dalam hal dukungan dana

Sektor publik tergantung pada sektor bisnis dalam pengadaan    barang    dan jasa à

Sektor publik menentukan standar, sektor bisnis menawarkan inovasi

 

 

 

Motif ekonomi à

Motif idealis à

Sumber Manusia

Daya

Pegawai didorong

untuk              membuat perbaikan atas produk yang dihasilkan

Inovasi kadang dilihat sebagai ancaman, kadang juga diadopsi untuk perbaikan pelayanan publik

 

Sumber Pengetahuan

Fleksibel dan luas mulai dari konsultan, asosiasi perdagangan,

dan peneliti sektor publik à

Sumber pengetahuan

adalah             masyarakat, secara tradisional adalah warga negara à

 

Inovasi bervariasi

Jenis inovasi di beberapa

 

 

bagian berbeda

 

Kebanyakan        short-

Kebanyakan long-term

 

term à

à

Horizon Waktu

Inovasi      memerlukan pembayaran secepatnya

Kesulitan                   dalam mengetahui konsekuensi dari

sebuah inovasi


E. Sumber Inovasi di Sektor Publik

Dalam sebuah studi inovasi di sektor publik melalui survai yang dilakukan oleh Borin dalam The Challenge of Innovating in Government tahun 2001 mengindikasikan bahwa:

1. 50% inovasi di sektor publik merupakan inisiatif dari front line staff dan manejer tingkat menengah (middle manager).

2. 70% inovasi yang dihasilkan bukan merupakan respons dari krisis.

3. 60% inovasi melewati batas-batas organisasional (cross cutting organizational boundaries).

Inovasi hadir lebih dikarenakan oleh motivasi untuk dikenali atau dihargai (recognition) dan kebanggaan daripada sekedar penghargaan finansial.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Inovasi di Sektor Publik"