Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul MEMBUAT PROGRAM HUMAN MACHINE INTERFACE C.28MEK03.04.1

Modul MEMBUAT PROGRAM HUMAN MACHINE INTERFACE C.28MEK03.04.1. Modul Pelatihan Berbasis Kompetensi merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media transformasi pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja kepada peserta pelatihan untuk mencapai kompetensi tertentu berdasarkan program pelatihan yang mengacu kepada Standar Kompetensi. Modul pelatihan ini berorientasi kepada Pelatihan Berbasis Kompetensi (Competence Based Training) diformulasikan menjadi 3 (tiga) buku, yaitu Buku Informasi, Buku Kerja dan Buku Penilaian sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam penggunaannya sebagai referensi dalam media pembelajaran bagi peserta pelatihan dan instruktur, agar pelaksanaan pelatihan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Untuk memenuhi kebutuhan pelatihan berbasis kompetensi tersebut, maka disusunlah modul pelatihan berbasis kompetensi dengan judul “Membuat Program Human Machine Interface” Kami menyadari bahwa modul yang kami susun ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan agar tujuan dari penyusunan modul ini menjadi lebih efektif. Demikian kami sampaikan, semoga Tuhan YME memberikan tuntunan kepada kita dalam melakukan berbagai upaya perbaikan dalam menunjang proses pelaksanaan pelatihan di lembaga pelatihan kerja.

Modul MEMBUAT PROGRAM HUMAN MACHINE INTERFACE C.28MEK03.04.1



A. Acuan Standar Kompetensi Kerja 
Materi modul pelatihan ini mengacu pada unit kompetensi terkait yang disalin dari Standar Kompetensi Kerja Sub-Bidang Teknik Mekatronika dengan uraian sebagai berikut: 

Kode Unit : C.28MEK03.04.1
Judul Unit : Membuat Program Human Machine Interface
Deskripsi Unit : Unit kompetensi ini berhubungan dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan dalam membuat program human machine interface berdasarkan kriteria dan parameter programmable logic controller.

A.      Tujuan Umum

Setelah mempelajari modul ini peserta latih diharapkan mampu membuat program Human Machine Interface (HMI).

 

B.      Tujuan Khusus

Adapun tujuan mempelajari unit kompetensi melalui buku informasi Membuat Program Human Machine Interface (HMI) ini guna memfasilitasi peserta latih sehingga pada akhir pelatihan diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

1.       Menyiapkan pemprograman HMI yang meliputi cara mengidentifikasi sekuen programmable logic controller (PLC) sesuai tahapan proses pada mesin/ peralatan, mengidentifikasi port komunikasi, kabel dan konektor komunikasi, serta adapter HMI dengan PLC, mengidentifikasi jenis dan tipe HMI, mengidentifikasi prosedur flowcharting, menyiapkan jenis – jenis software aplikasi HMI

2.       Menyusun menu HMI berdasarkan sekuen PLC yang meliputi membuat menu pada HMI yang dipilih sesuai sekuen PLC, memastikan addressing (pengalamatan) input/ output sesuai dengan input dan output sekuen PLC, membuat icon/ tampilan setiap menu pada HMI sesuai prosedur, men-download hasil pemprograman HMI sesuai prosedur, menganalisis error pada hasil pemprograman HMI, memastikan hasil pemprograman pada HMI berfungsi sesuai sekuen PLC, membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai pemprograman HMI, melaporkan hasil kegiatan sesuai prosedur.


Menurut (Samsul: 2017), Human Machine Interface (HMI) atau sering juga disebut dengan Man Machine Interface (MMI) adalah sistem yang menghubungkan antara manusia dan teknologi mesin. HMI dapat berupa pengendali dan visualisasi status, baik dengan manual maupun melalui visualisasi komputer yang bersifat real time. Sistem HMI biasanya bekerja secara online dan real time dengan membaca data yang dikirimkan melalui Input/Output (I/O) port yang digunakan oleh sistem controller–nya atau Programmable Logic Controller (PLC). Port yang biasa digunakan untuk controller dan akan dibaca oleh HMI antara lain adalah port COM, port USB, port RS232, dan ada juga yang menggunakan port serial.

Fungsi HMI, antara lain adalah
1. Memberikan informasi Plant yang up-to-date kepada operator melalui graphical user interface
2. Menerjemahkan instruksi operator ke mesin
3. Memonitor keadaan yang ada di Plant
4. Mengatur nilai pada parameter yang ada di Plant
5. Mengambil tindakan yang sesuai dengan keadaan yang terjadi
6. Memunculkan tanda peringatan dengan menggunakan alarm jika terjadi suatu yang tidak normal
7. Menampilkan pola data kejadian yang ada di Plant, baik secara real time atau historical (trending history atau real time)

 

1 komentar untuk "Modul MEMBUAT PROGRAM HUMAN MACHINE INTERFACE C.28MEK03.04.1"