Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petunjuk Teknis Seleksi Daerah ASC Asean Skill Competition tahun 2022

Petunjuk Teknis Seleksi Daerah ASC Asean Skill Competition tahun 2022. Sebagaimana diketahui bahwa salah satu prioritas pembangunan Nasional  adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan daya saing,  sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka  Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Untuk mewujudkan hal tersebut,  berbagai upaya dilakukan melalui program dan kegiatan baik yang dikelola oleh  pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dengan melibatkan seluruh  potensi sumber daya di masyarakat. Salah satu kegiatan dimaksud melalui  kompetisi keterampilan, baik pada tingkat daerah, nasional, regional maupun  dunia. Kompetisi keterampilan (Skills Competition) merupakan ajang bagi  generasi muda untuk unjuk kemampuan/kompetensi pada bidang keahlian  tertentu.

Petunjuk Teknis Seleksi Daerah ASC Asean Skill Competition tahun 2022



ASEAN Skills Competition (ASC) merupakan kesepakatan bersama antar  Menteri-menteri yang membidangi ketenagakerjaan negara-negara anggota  ASEAN dalam rangka meningkatkan kerjasama pelatihan, mempromosikan  pendidikan dan pelatihan vokasi, serta meningkatkan kualitas tenaga kerja  muda di kawasan ASEAN. Penyelenggaraan ASC XIII dengan Singapura sebagai  tuan rumah, semula dijadwalkan pada tanggal 21 sampai dengan 31 Juli 2020.  Namun dikarenakan ketidakpastian berakhirnya Pandemi Covid-19, melalui  extraordinary Organizing Comitte Meeting (OCM) secara virtual pada hari Senin,  23 November 2020 yang dihadiri oleh 10 (sepuluh) negara ASEAN disepakati  bahwa ASC XIII Tahun 2021 dibatalkan dan akan dilaksanakan kembali pada  tanggal 16 s.d 30 Juli 2023 dengan Singapura tetap sebagai tuan rumah ASC  XIII.  
Bagi Indonesia, menuju ASC XIII Tahun 2023 menjadi tantangan tersendiri  di tengah keterbatasan yang ada. Namun demikian, Indonesia harus tetap  optimis untuk meraih hasil terbaik sebagaimana yang telah diraih sebelumnya.  Semangat optimisme tersebut dibuktikan melalui proses pembinaan yang  diawali dengan seleksi melalui kompetisi keahlian/keterampilan tingkat  lokal/daerah yang disebut Seleksi Daerah (SELEKDA).
SELEKDA ASC sangat menentukan sukses tidaknya Indonesia di ajang  regional ASEAN, yang merupakan bagian tidak terpisahkan atau mata rantai  dari ASC XIII di Singapura. Oleh karena itu, SELEKDA ASC memiliki peran  yang sangat strategis terhadap keberhasilan pembinaan talenta calon  kompetitor. Keberhasilan pelaksanaan SELEKDA ASC sangat ditentukan oleh  tata kelola, kerjasama dan keterlibatan berbagai pihak dalam memobilisasi  sumber daya yang diperlukan, untuk menghasilkan talenta calon kompetitor  yang akan mewakili daerah, baik pada tingkat nasional, regional maupun  dunia/internasional.  
Petunjuk Teknis ini sebagai acuan dalam pelaksanaan  SELEKDA bagi satuan kerja Dinas Provinsi yang membidangi ketenagakerjaan  sehingga dalam pelaksanaan SELEKDA dapat berjalan dengan baik dan sukses  serta mampu menjaring calon-calon kompetitor ASC XIII yang kompeten dan  memenuhi standar melalui prosedur dan tata kerja yang terencana,  terkoordinir, dan terdokumentasi dengan baik.  

SELEKDA ASC XIII yang diselenggarakan pada tahun 2022 sangat berbeda  dengan pelaksanaan SELEKDA tahun-tahun sebelumnya, perbedaan  dimaksud meliputi aspek metodologi dan penyelenggaraan. Dari aspek  metodologi, kompetisi dilakukan dengan metode blended dan online (daring).  Sedangkan dari aspek penyelenggaraan, hanya dilakukan di 14 provinsi (yang  mendapatkan dana dekonsentrasi) namun dapat diikuti oleh calon kompetitor  yang berasal dari provinsi lainnya sebagai provinsi mitra (sebagaimana  Lampiran 1).  
Sebagai contoh Dana Dekonsentrasi berada di provinsi Jawa Timur, jenis  kejuruan yang akan di kompetisikan telah mendapatkan rekomendasi dari  Direktorat Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan, misalnya  electronics dan fashion technology. Mitra provinsi Jawa Timur adalah provinsi  Sulawesi Utara dan Maluku, dengan demikian calon kompetitor yang berasal  dari provinsi Sulawesi Utara dan Maluku dapat mendaftarkan diri dan  mengikuti kompetisi di wilayah Jawa Timur pada kejuruan electronics dan  fashion technology, selain calon kompetitor yang berasal dari wilayah Jawa  Timur sendiri


Posting Komentar untuk "Petunjuk Teknis Seleksi Daerah ASC Asean Skill Competition tahun 2022"