Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Menerapkan Design Brief M.74100.005.02

Modul Menerapkan Design Brief M.74100.005.02. Modul Pelatihan Berbasis Kompetensi merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media transformasi pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja kepada peserta pelatihan untuk mencapai kompetensi tertentu berdasarkan program pelatihan yang mengacu kepada Standar Kompetensi. Modul pelatihan ini berorientasi kepada Pelatihan Berbasis Kompetensi (Competence Based Training) diformulasikan menjadi 3 (tiga) buku, yaitu Buku Informasi, Buku Kerja dan Buku Penilaian sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam penggunaannya sebagai referensi dalam media pembelajaran bagi peserta pelatihan dan instruktur, agar pelaksanaan pelatihan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Untuk memenuhi kebutuhan pelatihan berbasis kompetensi tersebut, maka disusunlah modul pelatihan berbasis kompetensi dengan judul “Menerapkan Design Brief” Kami menyadari bahwa modul yang kami susun ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan agar tujuan dari penyusunan modul ini menjadi lebih efektif. Demikian kami sampaikan, semoga Tuhan YME memberikan tuntunan kepada kita dalam melakukan berbagai upaya perbaikan dalam menunjang proses pelaksanaan pelatihan di lembaga pelatihan kerja 

Modul Menerapkan Design Brief M.74100.005.02



 A. Tujuan Umum 

Setelah mempelajari modul ini peserta latih diharapkan mampu Menerapkan Design Brief. 

B. Tujuan Khusus 

Adapun tujuan mempelajari unit kompetensi melalui buku informasi Menerapkan Design Brief ini guna memfasilitasi peserta latih sehingga pada akhir pelatihan diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut: 
1. Menyusun Design Brief untuk pengembangan konsep desain berdasarkan project brief; design brief disusun berdasarkan project brief untuk pihak ketiga; mampu menjelaskan serta menyusun design brief untuk pihak ketiga. 
2. Melaksanakan Design Brief, dapat menguraikan proyek desain secara komprehensif; dapat menjelaskan cara penguraian proyek desain secara komprehensif; mampu menguraikan proyek desain; dapat menjelaskan cara menyatakan tujuan desain sesuai project brief.

Design Brief adalah panduan tertulis untuk sebuah proyek desain yang dikembangkan bersama oleh desainer dan pihak ketiga. Panduan tertulis/design brief ini menjadi cetak biru yang diinginkan dari sebuah desain. Design brief sebagai serangkaian instruksi spesifik dan detail yang harus diikuti untuk mencapai desain yang ideal. Bentuk desain brief bisa berupa rincian tertulis naratif yang sudah disusun secara sistematis berupa poin-poin oleh desainer berdasarkan project brief.

Brief merupakan komponen penting dari banyak proyek desain dan dapat memainkan
sejumlah peran dalam suatu proyek. Fungsi Design brief dapat memfasilitasi untuk
mengklarifikasi ruang lingkup, maksud dan tujuan untuk berbagai pihak yang terlibat
dalam proses pembangunan proyek desain. Kemudian brief dapat memberikan garis
besar kasar arah proyek, yang memungkinkan kebebasan dan ruang lingkup luas bagi
mereka yang terlibat. Jenis informasi yang akan dimasukkan dalam design brief seperti:

Tentang Perusahaan/Company overview
Deskripsi Proyek / Project overview
Tujuan / key objective,
Sasaran / target group,
Tenggat Waktu / deadline & Jadwal / timeline,
Ketentuan Khusus/requirements.
Media /output


Tujuan sebenarnya dari design brief adalah untuk membuat brief desain selengkap dan bermanfaat mungkin. Pada akhir seberapa lama juga ditentukan oleh persyaratan khusus dalam proyek dan kompleksitasnya. Design brief dibutuhkan ketika ingin memulai proyek desain dan sudah mengisi project brief terlebih dahulu. Design brief harus dikomunikasikan secara efektif.

Selengkapnya modul menerapkan design brief dapat anda dapatkan dengan klik tombol download


Posting Komentar untuk "Modul Menerapkan Design Brief M.74100.005.02"