Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Menunjukkan Platform Operating System Dan Bahasa Pemrograman Di Dalam Perangkat Lunak J.612000.001.01

Modul Menunjukkan Platform Operating System Dan Bahasa Pemrograman Di Dalam Perangkat Lunak J.612000.001.01. Kali ini admin akan bagikan modul atau materi komputer dengan kode modul J.612000.001.01 dengan judul unit Menunjukkan Platform Operating System Dan Bahasa Pemrograman Di Dalam Perangkat Lunak

Modul Menunjukkan Platform Operating System Dan Bahasa Pemrograman Di  Dalam Perangkat Lunak J.612000.001.01



A. Tujuan Umum

Setelah mempelajari modul ini peserta latih diharapkan mampu menunjukkan platform operating system dan bahasa pemrograman di dalam perangkat lunak dengan benar.

B. Tujuan Khusus

Adapun tujuan mempelajari unit kompetensi melalui buku informasi menunjukkan platform operating system dan bahasa pemrograman di dalam perangkat lunak ini guna memfasilitasi peserta latih sehingga pada akhir pelatihan diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

1. Menunjukkan jenis platform sistem operasi berbasis mobile, termasuk menunjukan arsitektur dasar sistem operasi berbasis mobile sesuai dengan perangkat keras yang digunakan, menunjukkan platform sistem operasi berbasis mobile sesuai dengan perangkat keras yang digunakan dan menunjukkan security pada platform sistem operasi berbasis mobile sesuai dengan perangkat keras yang digunakan.

2. Menentukan platform sistem operasi yang sesuai kebutuhan user termasuk merancang kebutuhan user berdasarkan spesifikasinya dan menentukan platform sistem operasi untuk mengembangkan aplikasi mobile

3. Menjelaskan bahasa pemrograman berbasis mobile termasuk menentukan jenis bahasa pemrogramman mobile pemrograman berbasis mobile, membandingkan perbedaan bahasa pemrograman berbasis mobile, mengkonfigurasikan perangkat lunak terkait penggunaan bahasa pemrograman berbasis mobile sesuai dengan spesifikasinya, menghasilkan alur program untuk pembuatan aplikasi berbasis mobile, menentukan konsep variabel dan konstanta dalam salah satu bahasa pemrograman, menentukan konsep struktur kondisi dan perulangan dalam salah satu bahasa pemrograman berbasis mobile, menjelaskan konsep layout dan object dalam salah satu pemrograman berbasis mobile, membangun aplikasi mobile sederhana dengan bahasa pemrograman mobile

Sistem operasi adalah sebuah program yang berperan sebagai penghubng antara pengguna dan perangkat keras computer serta mengendalikan eksekusi semua jenis program. Beberapa fungsi dari system operasi adalah:

  • 1. Pengelolaan memori (Memory Management)
  • 2. Pengelolaan Prosesor (Processor Management)
  • 3. Pengelolaan perangkat (Device Management) 
  • 4. Pengelolaan file (File Management)
  • 5. Keamanan (Security) 
  • 6. Kontrol atas kinerja system (Control over system performance) 
  • 7. Akuntansi pekerjaan (Job accounting) 
  • 8. mendeteksi Kesalahan alat bantu (Error detecting aids) 
  • 9. Koordinasi antara perangkat lunak dan pengguna lain (Coordination between other software and users)


Sistem operasi menyediakan sarana untuk penggunaan yang tepat dari sumber daya dalam pengoperasian sistem komputer. Sistem operasi adalah program yang mengelola perangkat keras computer, menyediakan dasar untuk program aplikasi dan bertindak sebagai perantara antara pengguna komputer dan perangkat keras komputer. Sistem operasi untuk komputer seluler (mobile) menyediakan lingkungan di mana pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan komputer untuk menjalankan program. Dengan demikian, beberapa sistem operasi dirancang agar nyaman atau menjadi efisien, atau kombinasi dari keduanya (Silberschatz, Galvin, & Gagne, 2013)

Komponen utama perangkat lunak dari sistem operasi dikenal sebagai kernel. Kernel memiliki akses tidak terbatas ke semua sumber daya pada sistem. Pada sistem monolitik awal, setiap komponen sistem operasi terdapat di dalam kernel, dapat berkomunikasi secara langsung dengan komponen lain, dan memiliki akses sistem yang tidak terbatas. Meskipun membuat sistem operasi sangat efisien, namun juga memyebabkan kesalahan lebih sulit untuk diisolasi, dan ada risiko kerusakan tinggi karena kode yang salah atau berbahaya.

Ketika sistem operasi menjadi lebih besar dan lebih kompleks, pendekatan ini mulai ditinggalkan menuju pendekatan modular yang mengelompokkan komponen dengan fungsi serupa ke dalam lapisan (layers) untuk membantu perancang sistem operasi untuk mengelola kompleksitas sistem. Dalam arsitektur semacam ini, setiap lapisan hanya berkomunikasi dengan lapisan langsung di atas dan di bawahnya, dan lapisan tingkat yang lebih rendah menyediakan layanan ke tingkat yang lebih tinggi menggunakan antarmuka yang menyembunyikan penerapannya. Modularitas sistem operasi berlapis memungkinkan implementasi setiap lapisan untuk dimodifikasi tanpa memerlukan modifikasi pada lapisan yang berdekatan. Meskipun pendekatan modular ini memaksakan struktur dan konsistensi pada sistem operasi, menyederhanakan proses debug dan modifikasi, permintaan layanan dari proses pengguna dapat melewati banyak lapisan perangkat lunak sistem sebelum diservis dan kinerja membandingkan secara tidak menguntungkan dengan kernel monolitik. Juga, karena semua lapisan masih memiliki akses tidak terbatas ke sistem, kernel masih rentan terhadap kode yang menyimpang atau berbahaya. Banyak sistem operasi saat ini, termasuk Microsoft Windows dan Linux, menerapkan beberapa tingkatan layering.

Jenis-jenis Sistem Operasi


No.

Sitem Operasi

Keterangan

PC

1.

Microsoft Windows

Microsoft Windows adalah keluarga
sistem operasi untuk komputer
pribadi dan bisnis. Windows
mendominasi dunia komputer
pribadi, menawarkan antarmuka
pengguna grafis (GUI), manajemen
memori virtual, multitasking, dan
dukungan untuk banyak perangkat
periferal.

2.

Apple Mac OS X

Mac OS adalah nama resmi sistem
operasi Apple Macintosh. Mac OS
memiliki antarmuka pengguna grafis
(GUI) yang menggunakan jendela,
ikon, dan semua aplikasi yang
berjalan pada komputer Macintosh
memiliki antarmuka pengguna yang
serupa.

3.

Linux

Linux adalah sistem operasi sumber
terbuka yang didistribusikan bebas
yang berjalan di sejumlah platform
perangkat keras. Kernel Linux
dikembangkan terutama oleh Linus
Torvalds dan ini didasarkan pada
Unix.

Mobile

4.

IOS

Apple iOS adalah sistem operasi
seluler eksklusif yang berjalan di
iPhone, iPad, dan iPod Touch.

5.

ANDROID

Android OS adalah platform berbasis
Linux untuk telepon seluler. Android
dirilis di bawah lisensi open source
Apache v2.
Android dikembangkan oleh Google
dan Open Handset Alliance (OHA),
sebuah koalisi perangkat keras,
perangkat lunak, dan perusahaan
telekomunikasi.

6.

Windows phone

Windows phone merupakan
perluasan dari desktop Windows
yang sudah tidak asing ke perangkat
portabel, seperti ponsel PPC, PDA,
pemutar musik portabel. Ada tiga
jenis sistem operasi Windows Mobile,
yaitu, Windows Mobile Standard,
Windows Mobile Professional,
Windows Mobile Classic.

7.

Blackberry

Blackberry OS dibuat oleh Research
In Motion, untuk ponsel Black Berry.
OS difokuskan pada pengoperasian
yang mudah dan pada awalnya
dirancang untuk bisnis. Sistem
operasi Blackberry menyediakan
multitasking dan mendukung
perangkat input khusus yang telah 
diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld-nya, terutama track wheel, trackball, dan yang paling baru, track pad dan layar sentuh


Posting Komentar untuk "Modul Menunjukkan Platform Operating System Dan Bahasa Pemrograman Di Dalam Perangkat Lunak J.612000.001.01"

Berlangganan via Email