Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Lengkap Administrasi Perkantoran

Modul Lengkap Administrasi Perkantoran. Indonesiakompeten.id. Pengertian Administrasi Perkantoran Sebelum membicarakan administrasi perkantoran lebih lanjut maka terlebih dahulu dikemukakan tentang pengertian administrasi secara umum baru kemudian disampaikan pengertian perkantoran dan selanjutnya dibahas tentang administrasi perkantoran. Pengertian administrasi dapat dibedakan dalam pengertian sempit dan dalam pengertian luas. 

Modul Lengkap Administrasi Perkantoran. Indonesiakompeten.id. Pengertian Administrasi Perkantoran Sebelum membicarakan administrasi perkantoran lebih lanjut maka terlebih dahulu dikemukakan tentang pengertian administrasi secara umum baru kemudian disampaikan pengertian perkantoran dan selanjutnya dibahas tentang administrasi perkantoran.


Administrasi dalam arti sempit, yaitu berasal dari kata administratie (bahasa Belanda) yang meliputi kegiatan catat mencatat, surat menyurat, pembukuan sederhana yang umumnya bersifat ketata usahaan atau sering diistilahkan dengan perkataan clerical work. Dengan demikian tatausaha merupakan bagian dari administrasi. Administrasi dalam arti luas, yaitu berasal dari kata administration (bahasa Inggris) dan pengertiannya seperti dikemukakan oleh beberapa ahli berikut ini: 

a. Leonard D. White dalam bukunya Introduction to Study of Public Administration mengatakan bahwa administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua kelompok negara, swasta, sipil atau militer, usaha besar maupun usaha kecil dan sebagainya. 

b. H.A. Simon, Cs dalam bukunya Public Administration, mengatakan bahwa administrasi adalah sebagian kegiatan dari pada sekelompok orang yang mengadakan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Dengan demikian maka administrasi dalam arti luas dapat ditinjau dari sudut pandang sebagai proses maupun sebagai fungsi. Administrasi sebagai suatu proses adalah keseluruhan proses yang dimulai dari proses pemikiran, perencanaan, pengaturan atau pembimbingan, pengawasan sampai dengan proses pencapaian tujuan. Untuk mencapai tujuan orang harus memikirkan dulu, kemudian menentukan bagaimana caranya untuk mencapai tujuan itu lalu pencapaiannya sendiri sampai tujuan yang dikehendaki tercapai. Kesemua aktivitas tersebut dirangkum dalam pengertian administrasi. Administrasi sebagai fungsi berarti keseluruhan tindakan yang mau tidak mau harus dilaksanakan dengan sadar oleh sekelompok orang yang berkedudukan sebagai administrator. Fungsi-fungsi tersebut banyak sebutannya, salah satu yang selanjutnya dikenal dengan fungsi administrasi meliputi fungsi planning, organizing, actuating dan controlling

Setelah mengetahui pengertian administrasi marilah kita tinjau pengertian daripada office. Office yang berarti kantor, itu berasal dari bahasa  Belanda kantoor, yang dalam bahasa Belandanya mempunyai arti agak berbeda dengan office dalam bahasa Inggris.

a. Kantoor dalam bahasa Belanda mempunyai arti:
1) ruang atau kamar kerja atau ruang tulis;
2) markas atau ruang (kompleks) dimana seseorang pengusaha
beserta staffnya menjalankan aktivitas-aktivitas pokoknya;
3) biro atau tempat kedudukan dari suatu pimpinan ;
4) instansi, badan, jawatan, perusahaan.
b.
Office dalam bahasa Inggris berarti:
1) kewajiban, tugas, fungsi;
2) jabatan; jasa, pelayanan;
3) ruang dimana seorang dan stafnya menjalankan aktivitas-aktivitas
pokoknya;
4) tugas pekerjaan, komposisi daripada urusan-urusan tertentu;
5) tempat, gedung, yang dipakai sebagai pusat tempat kerja tata
usaha.
c. Kantor/Pejabat (Malaysia, Singapura) berarti:
1) tempat, pusat, markas;
2) gedung, atau ruang, atau kompleks, ruangan, tempat pekerjaan tata
usaha;
3) ruang kerja (tulis) seseorang;
4) pusat, tempat, usaha.


Untuk materi modul lengkap administrasi perkantoran dapat anda download melalui link berikut ini

Posting Komentar untuk "Modul Lengkap Administrasi Perkantoran "

Berlangganan via Email