Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download SKKNI 298 Tahun 2020 SKKNI Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM)

Download SKKNI 298 Tahun 2020 SKKNI Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM). Indonesiakompeten.id. Berikut ini kami sampaikan SKKNI terbaru tahun 2020 tentang Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM)

Download SKKNI 298 Tahun 2020 SKKNI Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM)


Meningkatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kepelabuhanan yang menuntut waktu yang lebih efektif dan efisien kegiatan penanganan bongkar muat barang-barang umum (general cargo), yang berarti sejalan dengan semakin meningkatnya tuntutan ketersediaan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) berkualitas dan kompeten yang menangani langsung kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan, agar mampu menghadapi persaingan yang semakin tajam khususnya persaingan masuknya tenaga terampil asing di pelabuhan Indonesia terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dengan demikian penting untuk melakukan peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) TKBM barang-barang umum (general cargo) agar diakui memiliki kompetensi pada bidangnya masing-masing guna menghindari marginalisasi tenaga kerja bongkar muat.

Hasil Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional (RSKKNI) Bidang Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) barang-barang umum (general cargo) di pelabuhan berupa: 

1. Kompetensi kerja TKBM keahlian kegiatan stevedoring

2. Kompetensi kerja TKBM keahlian kegiatan cargodoring 

3. Kompetensi kerja TKBM keahlian kegiatan receiving/delivery

Pengertian:

Stevedoring pekerjaan regu laut membongkar barang dari kapal ke dermaga/tongkang/truck atau memuat barang dari dermaga/ tongkang/truck kedalam kapal sampai dengan sampai dengan tersusun dalam palka kapal dengan menggunakan derek kapal atau derek darat (stevedoring)

Cargodoring pekerjaan regu darat melepaskan barang/muatan dari tali/jala-jala (ex tackle) di dermaga dan mengangkut dari dermaga ke gudang/lapangan penumpuakan selanjutnya menyusun di gudang/ lapangan penumpukan atau sebaliknya.

Receiving/delivery pekerjaan memindahkan barang dari timbunan/tempat penumpukan di gudang/lapangan penumpukan dan menyerahkan sampai tersusun di atas kendaraan di pintu gudang/lapangan penumpukan dan sebaliknya


B. Daftar Unit Kompetensi

No. KODE UNIT JUDUL UNIT KOMPETENSI
1 H.52BMP01.001.1 Melaksanakan Ketentuan Keselamatan dan
Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) di
Tempat Kerja
2 H.52BMP01.002.1 Melaksanakan Komunikasi di Tempat Kerja
3 H.52BMP01.003.1 Melaksanakan Kegiatan Stevedoring
4 H.52BMP01.004.1 Melaksanakan Kegiatan Cargodoring
5 H.52BMP01.005.1 Melaksanakan Kegiatan Receiving/Delivery

Download SKKNI 298 Tahun 2020 SKKNI Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Disini

SKKNI 2020-298.pdf.pdf

Posting Komentar untuk "Download SKKNI 298 Tahun 2020 SKKNI Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM)"