Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Sislatkernas? Sistem pelatihan kerja nasional

Apa Itu Sislatkernas? Sistem pelatihan kerja nasional. Indonesiakompeten.id. Sislatkernas acap kali istilah ini kita dengar. Namun beberapa kalangan masih belum begitu familiar dengan istilah ini. Nah setelah membaca artikel ini semoga anda akan lebih memahami tentang apa itu sislatkernas

Competency Based Training (CBT) adalah suatu pendekatan pelatihan yang menekankan pada apa yang dapat dilakukan seseorang di tempat kerja sebagai hasil dari pelatihan. Pendekatan Pelatihan yang menjamin mutu hasil pelatihan, sehingga kesenjangan antara penawaran dan permintaan Tenaga Kerja dapat terpenuhi. Dalam persaingan bisnis saat ini, peran pekerja merupakan faktor yang penting. Dan operasi bisnis memerlukan tenaga kerja yang kompeten dan mampu menghasilkan produk yang berkualitas berbiaya kompetitif.

Apa Itu Sislatkernas? Sistem pelatihan kerja nasional


Mengapa Competencies Based ini diperlukan ? Sebab secara individual perlu diukur kemampuannya (ada dimana dia saat ini ?), Apa yang diperlukan organisasi untuk bertumbuh dan siapa yang ada didalam team untuk mencapainya itu? Dan pemetaan kemampuan kerja adalah cara terbaik untuk tahu, kekuatan dan kelemahan yang perlu diperbaiki untuk mencapai sasaran organisasi.

Terdapat komponen esensial dalam program pelatihan berbasis kompetensi, yakni adanya standar kompetensi, kerangka kualifikasi, strategi pembelajaran, asesmen dan sertifikasi. Standar kompetensi yang dapat digunakan mencangkup SKKNI, Standar internasional dan/atau standar khusus. Kerangka paket pembelajaran yang konsisten dan menghasilkan peserta didiknya yang berkualifikasi. Strategi pembelajaran merupakan komponen esensial yang memastikan bahwa pengembangan kurikulum, modul harus berdasarkan SKKNI dan KKNI diatas. Dan komponen terakhir adalah asesmen dan sertifikasi yang memastikan dan memelihara kompetensi peserta didik.

Selengkapnya dapat anda download presentasi tentang sislatkernas disini

Posting Komentar untuk "Apa Itu Sislatkernas? Sistem pelatihan kerja nasional"