-->

Materi MENGGANTI PERANGKAT JARINGAN YANG RUSAK J.611000.019.02

Materi MENGGANTI PERANGKAT JARINGAN  YANG RUSAK J.611000.019.02. Indonesiakompeten.id. Berikut ini kami sajikan materi pelatihan TIK khususnya di bidang jaringan komputer. Untuk materi kali ini akan kami bagikan materi dengan kode J.611000.019.02 dengan judul MENGGANTI PERANGKAT JARINGAN YANG RUSAK. Tentunya dalam materi ini akan diajarkan bagaimana cara menangani perangkat jaringan rusak agar dapat segera tertangani.
Simak berikut cuplikan isi modul ini

Materi MENGGANTI PERANGKAT JARINGAN  YANG RUSAK J.611000.019.02


KODE UNIT : J.611000.019.02
JUDUL UNIT : Mengganti Perangkat Jaringan yang Rusak DESKRIPSI UNIT : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam mengganti perangkat jaringan yang rusak.

Sebuah jaringan pasti tidak luput dari permasalahan yang muncul secara tiba-tiba. Permasalahan yang sering muncul dalam sebuah jaringan komputer, secara garis besar dapat dibagi atas kerusakan atau kesalahan hardware dan kesalahan software.
Ketika menghapadapi sebuah permasalahan dalam jaringan, mulailah dengan mengajukan pertanyaan mendasar kepada diri kita sendiri. Apa yang telah berubah? Apakah masalah yang sama pernah terjadi sebelumnya, dan jika iya, kapan? Apakah masalah dapat direkonstruksi? Apakah user melakukan sesuatu hal berbeda? Apakah user lain mengalami permasalahan yang sama? Selanjutnya, cobalah untuk menjabarkan permasalahan yang muncul dengan memecahnya menjadi bagian kecil pada tiap langkah yang diambil, untuk mendapatkan sumber masalah yang terjadi.
Sebagai contoh, jika sebuah workstation tidak terkoneksi dengan internet, cobalah untuk memastikan, apakah permasalah muncul dari pihak provider internet, atau permasalahan berasal dari workstation itu sendiri. Jika anda bisa dengan sigap menentukan kira-kira dari mana sumber masalah yang timbul berasal, berarti anda telah "memotong setengah" bagian dari masalah yang ada, dan 1 langkah lebih dekat dengan akar permasalahan. Walaupun jika pada akhirnya anda tidak mendapatkan sebuah solusi, memecah permasalah yang muncul akan menghemat waktu yang dibutuhkan ketika anda meminta bantuan dari luar

Langkah awal dalam melakukan perbaikan jaringan adalah dengan bertanya langsung kepada user yang mengalami gangguan. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan wajib yang seharusnya anda tanyakan kepada user untuk menganalisa permasalahan jaringan:


  1. Apakah user lainnya mengalami permasalahan yang sama? 
  2. Apakah anda pernah mengalami permasalahan ini sebelumnya? jika iya, kapan (lebih ke arah apa yang dilakukan oleh user tersebut)? 
  3. Apakah ada perubahan semenjak permasalahan ini muncul? 
  4. Apakah anda mengalami permasalah ini pada komputer\perangkat\jaringan lainnya? 
  5. Apa dampak yang anda rasakan dari permasalahan ini pada anda anda?
Sering kali pekerja IT terutama yang berkecimpung pada Jaringan komputer melupakan dokumentasi, sewaktu pembuatan suatu jaringan komputer tidak ada dokumentasi tentang alokasi port, gambar jalur kabel, dan sebagainya. Mereka merasa jaringan terpasang, alat-alat sudah terhubung satu sama lainnya pekerjaan sudah selesai. Padahal dari pada saat itulah pekerjaan jangka panjang dimulai, mulai dari perawatan, perbaikan, hingga pengembangan lebih lanjutnya. 
Bila suatu jaringan komputer dalam suatu lokasi tidak memiliki dokumentasi, akan terjadi kesulitan-kesulitan bila terdapat kerusakan, saat perawatan, atau pengembangan jaringan komputer. Administrator jaringan tidak mengetahui suatu alat terhubung dengan port yang mana di hub, ujung suatu kabel tidak tahu terdapat di mana, sehingga harus ditelusuri satu demi satu. bila administrator jaringan adalah pembuat jaringannya mungkin tidak terlalu kesulitan, tetapi administrator juga manusia tidak jauh dari lupa. bila administrator jaringan bukan pembuat jaringannya, akan sangat kesulitan mengetahuinya.

Dokumentasi sangat penting, dalam suatu jaringan komputer, alokasi port, gambar jalur perkabelan, identitas kabel, dan sebagainya. dan yang tidak kalah pentingnya dokumentasi harus selalu diperbaharui setiap terdapat perubahan. Untuk contoh dokumentasi jaringan ataupun histori kerusakan jaringan, dapat dilihat pada lampiran di akhir buku informasi ini.

Seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, bab II poin 2. Langkah awal dalam melakukan perbaikan jaringan adalah dengan bertanya langsung kepada user yang mengalami gangguan. Apa dampak yang dialami dari gangguan yang timbul, sehingga permasalahn bisa dipecahkan dengan lebih terarah. Permasalahan yang sering muncul baik dalam pemasangan maupun setelah pemasangan jaringan komputer secara garis besar dapat dibagi atas: 

Berikut ini dalah kesalahan atau kerusakan umum yang biasa terjadi dalam suatu jaringan: 
1.1. Kerusakan atau kesalahan hardware 
Kerusakan atau kesalahan hardware yang sering terjadi adalah pada Network Interface Card (kartu jaringan), pengkabel dan konektor. Kerusakan atau kesalahan pada Jaringan sering disebabkan oleh koneksi (hubungan) yang tidak baik antar komponen dan tidak berfungsinya komponen dikarenakan sudah mati atau rusak. Secara software untuk mengetahui bahwa kartu jaringan telah bekerja atau aktif dapat dilihat pada : - Klik Start > setting >klik Control Panel - Pilih icon system > klik dua kali > pilih menu Device Manager Disana dapat dilihat bahwa kartu jaringan tersebut telah dikenal atau belum. Bila sudah dikenal maka kartu jaringan komputer dapat bekerja atau aktif. 

1.2. Pengkabelan dan konektor Pemilihan media komunikasi menggunakan kabel sebagai penghubung antar komputer memang merupakan media yang cukup ideal dibandingkan dengan media lainnya seperti RF (radio frekuensi), IR (Infrared) atau jalur telepon

Selengkapnya dapat anda download modul di bawah ini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi MENGGANTI PERANGKAT JARINGAN YANG RUSAK J.611000.019.02"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel