MATERI MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DENGAN ALAT MESIN BORDIR MANUAL C.139120.021.01

MATERI MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DENGAN ALAT MESIN BORDIR MANUAL C.139120.021.01. indonesiakompeten.id. Berikut ini kami sampaikan contoh maodul menjahit dengan judul MATERI MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DENGAN ALAT MESIN BORDIR MANUAL C.139120.021.01

MATERI MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DENGAN ALAT MESIN BORDIR MANUAL C.139120.021.01


Adapun tujuan mempelajari unit kompetensi melalui buku informasi membuat hiasan pada busana dengan alat mesin bordir manual ini guna memfasilitasi peserta latih sehingga pada akhir pelatihan diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Menyiapkan mesin bordir, termasuk cara meminyaki mesin sesuai prosedur, cara mengisi kumparan/sepul dengan benang jahit sesuai kapasitasnya, cara memasang sepul pada sekoci sesuai prosedur, cara memasang jarum mesin bordir sesuai prosedur, cara memasang benang bordir sesuai prosedur, cara mengatur jarak setikan sesuai dengan jenis bahan
2. Membuat hiasan pada busana sesuai desain, termasuk menjelaskan konsep menghias dengan mesin bordir manual dengan benar, cara memilih macammacam teknik hias dan tusuk hias bordir manual untuk berbagai rancangan busana, cara membordir bagian-bagian bahan yang telah diberi motif pada kain, dengan bermacam teknik hias dan tusuk-tusuk hias sesuai desain, cara memeriksa hasil bordir manual sesuai dengan standar setikan.
3. Memelihara dan menyimpan alat jahit mesin bordir manual, termasuk cara memelihara alat jahit mesin manual sesuai prosedur, cara mencatat alat jahit mesin manual sesuai prosedur inventaris.

MATERI MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DENGAN ALAT MESIN BORDIR MANUAL C.139120.021.01

Membordir, adalah seni membuat hiasan dengan mesin secara manual maupun otomastis. Dengan berkembangnya tehnologi di bidang industri garmen yang begitu pesat maka seni membordir saat ini tidak saja dilakukan dengan mesin bordir manual tetapi sudah banyak industri yang menggunakan mesin bordir industri. Mesin bordir yang banyak digunakan di industri garmen saat ini adalah mesin bordir komputer Computer Numerical Control (CNC). Jika cara manual motif bordir di gambar dengan pensil diatas kain sedangkan sistem CNC desain bordir dibuat dengan program khusus (software).

Mempersiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan untuk membordir Ada beberapa jenis mesin bordir antara lain :

  • a. Mesin bordir manual, yaitu mesin jahit lurus yang dapat dioperasikan secara manual tanpa atau dengan dinamo listrik yang telah diset atau dirubah fungsinya menjadi mesin bordir. 
  • b. Mesin bordir industri (High Speed) yaitu mesin jahit yang dioperasikan dengan dinamo listrik yang fungsinya hanya untuk membordir. Mesin jahit ini mempunyai kecepatan tinggi sehingga mesin ini sangat cocok untuk industri busana (garmen) 
  • c. Mesin bordir portable, yaitu mesin bordir yang mudah dibawa atau dipindahpindahkan yang dioperasikan secara digital. Karena bentuknya yang lebih mini, maka mesin ini sering diklasifikasikan untuk keperluan rumah tangga
Modul selengkapnya dapat anda dapatkan dibawah ini:

BI MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DENGAN ALAT MESIN BORDIR MANUAL.pdf
BK MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DENGAN ALAT MESIN BORDIR MANUAL.pdf
BM MEMBUAT HIASAN.pdf
BP MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DENGAN ALATMESIN BORDIR.pdf

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MATERI MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DENGAN ALAT MESIN BORDIR MANUAL C.139120.021.01"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel