Download SKKNI Perikanan Budidaya Perikanan Laut

Download SKKNI Perikanan Budidaya Perikanan Laut. Sumber Daya Alam (SDA) pesisir pantai terbentang luas di Nusantara yangmerupakan potensi besar Negara Indonesia. Kondisi tersebut merupakan asetyang sangat mahal dan sekaligus sebagai faktor keunggulan kompetitif yangtidak dimiliki oleh negara-negara lain. Potensi sumber daya alam pesisirpantai tersebut merupakan faktor dominan dalam strategi pembangunanBangsa dan Negara Indonesia terutama dalam menghadapi era globalisasi danperdagangan bebas tingkat AFTA dan AFLA.

Download SKKNI Perikanan Budidaya Perikanan Laut


Memperhatikan aset dan potensi sumber daya alam perikanan khususnya dipesisir pantai yang luar biasa tersebut maka diperlukan pengelolaan yangprofesional dan kredibel. Karena itu, untuk pengelolaan SDA tersebutdiperlukan SDM yang kompeten. Guna mendorong dan merealisasikan SDMyang kompeten tersebut harus dipersiapkan dan dirancang secara sistematisantara lain dalam hal sistem diklat dan perangkat-perangkat pendukungnya.Dengan demikian akan dihasilkan SDM yang handal untuk mengelolakekayaan SDA secara profesional. Melalui penyiapan SDM yang memilikikualifikasi dan kompetensi terstandar maka bangsa Indonesia akan survivedalam menghadapi era kompetisi dan perdagangan bebas.Menghadapi hal tersebut, semua negara termasuk Indonesia sedang dantelah berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusianya melaluistandardisasi dan sertifikasi kompetensi di berbagai sektor. Untuk hal inidiperlukan kerjasama dunia usaha/industri, pemerintah dan lembaga diklatbaik formal maupun non formal untuk merumuskan suatu standar kompetensiyang bersifat nasional khususnya pada Sektor Perikanan Sub Sektor BudidayaIkan Air Payau .
Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia ( SKKNI ) adalah uraiankemampuan yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap kerjaminimal yang harus dimiliki seseorang untuk menduduki jabatan tertentu yangberlaku secara nasional.Dengan dirumuskannya SKKNI ini terjadi suatu hubungan timbal balik antaradunia usaha dengan lembaga Diklat yaitu bagi perusahaan/industri harusdapat merumuskan standar kebutuhan kualifikasi SDM yang diinginkan, untukmenjamin kesinambungan usaha atau industri. Sedangkan pihak lembagadiklat akan menggunakan SKKNI sebagai acuan dalam mengembangkanprogam dan kurikulum pendidikan dan pelatihan. Sementara pihak pemerintahmenggunakan SKKNI sebagai acuan dalam merumuskan kebijakan dalampengembangan SDM secara makro.


Ringkasan isi


Download SKKNI Perikanan Budidaya Perikanan Laut
Download SKKNI Perikanan Budidaya Perikanan Laut
Demikian informasi mengenai Download SKKNI Perikanan Budidaya Perikanan Laut semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Download SKKNI Perikanan Budidaya Perikanan Laut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel