Modul Computer Technical Support TIK.CS01.005.01 MENGINDENTIFIKASI PERANGKAT PENYUSUN KOMPUTER BI, BK dan BP

Modul Computer Technical Support TIK.CS01.005.01 MENGINDENTIFIKASI PERANGKAT  PENYUSUN KOMPUTER BI, BK dan BP. indonesiakompeten.id. Bagi para pengajar di LPK maupun BLK tentu saja harus memiliki modul yang mengacu pada SKKNI agar tidak terjadi kesalahan dalam menyampaikan materi. Berikut ini kami sajikan modul Modul Computer Technical Support TIK.CS01.005.01 MENGINDENTIFIKASI PERANGKAT  PENYUSUN KOMPUTER BI, BK dan BP lengkap dengan Buku Informasi, Buku Kerja dan Buku Penilaian.

Modul Computer Technical Support TIK.CS01.003.01 Mengikuti Prosedur K3 BI, BK dan BP


Ringkasan isi

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung. Aslinya, kata “komputer” menunjuk kepada orang yang melakukan perhitungan numerik dengan bantuan alat penghitung mekanik termasuk sempoa dan kalkulator. Menurut Blissmer(1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input,memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Pada intinya, dapat diambil kesimpulan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, yang dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. Dari definisi di atas, terdapat tiga istilah penting yang ditemukan, yaitu input/masukan (data), pengolahan data, dan informasi (output/keluaran). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (electronic data processing / EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data ini masih dalam bentuk mentah dan belum dapat dimengerti dengan jelas sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi atau mengubah data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih jelas yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih bermakna dan dapat dimengerti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

Sistem Komputer

Supaya komputer dapat mengolah data, maka harus ada suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem ini terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Fungsi utama dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi yang perlu didukung oleh perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware.

Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, berupa objek yang dapat disentuh, sedangkan perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, berupa bagian komputer yang tidak memiliki bentuk fisik dan brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen diatas dalam sistem komputer harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak dapat digunakan dan tidak berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua elemen ini (perangkat keras dan lunak) tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.


Download Modul TIK
Modul Computer Technical Support TIK.CS01.005.01 MENGINDENTIFIKASI PERANGKAT PENYUSUN KOMPUTER BI, BK dan BP

Demikian informasi mengenai Modul Computer Technical Support TIK.CS01.005.01 MENGINDENTIFIKASI PERANGKAT  PENYUSUN KOMPUTER BI, BK dan BP semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Modul Computer Technical Support TIK.CS01.005.01 MENGINDENTIFIKASI PERANGKAT PENYUSUN KOMPUTER BI, BK dan BP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel